Kelola Jadwal dengan Baik

Gak Pakai Stres! Ini 5 Langkah Penting Yang Harus Diperhatikan Para Ibu Bekerja
source: https://www.forbes.com/

Pahamilah bahwa Mommy memiliki dua kewajiban dan tanggung jawab yang tidak boleh disepelekan. Keduanya membutuhkan peran Mommy secara menyeluruh agar hasil yang diperoleh maksimal. Itu sebabnya Mommy harus membuat jadwal agar dapat membagi peran dan waktu dengan optimal. Misalnya, luangkan waktu sebelum dan sesudah berangkat kerja untuk mendampingi anak makan dan jadikan weekend sebagai hari khusus keluarga.


Buatlah Target Harian

Gak Pakai Stres! Ini 5 Langkah Penting Yang Harus Diperhatikan Para Ibu Bekerja
source: https://www.workingmother.com/

Jadwal saja masih kurang kuat untuk membuat Mommy lebih konsisten dalam menjalani aktivitas sebagai ibu dan pekerja. Untuk itu, Mommy perlu membuat target harian dalam rumah tangga, anak, dan pekerjaan. Misalnya, tiap hari harus menyiapkan sarapan dan bekal untuk anak. Sedangkan makan malam akan dibeli di luar atau memesan katering harian. Sedangkan target pekerjaan juga disesuaikan dengan jadwal dan hanya dilakukan pada jam kerja.

baca juga


Berani Bilang Tidak

Gak Pakai Stres! Ini 5 Langkah Penting Yang Harus Diperhatikan Para Ibu Bekerja
source: https://indianexpress.com

Ada banyak kondisi yang terkadang menekan para ibu bekerja, misalnya untuk hadir dalam makan malam bersama klien, menyiapkan materi presentasi yang mendadak, hingga menggantikan rekan kerja untuk dinas di waktu yang tiba-tiba. Hal-hal seperti ini kerap banyak menyita waktu Mommy yang seharusnya dihabiskan bersama si kecil. Untuk itu, penting bagi Mommy untuk bisa mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak sesuai dengan target pekerjaan Mommy. Hal ini juga perlu dijelaskan di awal agar rekan kerja dan atasan bisa memahami bahwa Mommy memiliki prioritas lain dan akan mengoptimalkan komitmen pekerjaan di waktu yang memang sudah disepakati.


Tidur Cukup, Hindari Bermain Internet Terlalu Lama

Gak Pakai Stres! Ini 5 Langkah Penting Yang Harus Diperhatikan Para Ibu Bekerja
source: https://www.personneltoday.com/

Tidak bisa dipungkiri, era digital ini membuat banyak Mommy menghabiskan waktu relaksasi dengan melakukan scrolling pada media sosial atau beragam website menarik di Internet. Jika hanya untuk 5 sampai 20 menit mungkin tidak masalah. Namun apabila lebih dari itu, dijamin Mommy akan merelakan waktu istirahat yang nantinya berdampak pada hasil yang tidak optimal aktivitas lain saat mengurus rumah ataupun bekerja di kantor. Sebaliknya, prioritaskan waktu istirahat dan kurangi bermain internet.

baca juga


Lupakan Kesempurnaan, Nikmati Tiap Prosesnya

Gak Pakai Stres! Ini 5 Langkah Penting Yang Harus Diperhatikan Para Ibu Bekerja
source: http://countingcoins.co.za/

Melakukan kesalahan dalam menjalani peran sebagai ibu dan wanita karir bukanlah hal yang dapat dihindari. Mommy harus benar-benar bijaksana dalam menyikapi kesalahan dan jangan sampai menimbulkan rasa putus asa apalagi kecewa pada diri sendiri. Untuk itu, hindari memberikan ekspektasi tinggi pada diri sendiri dan fokuslah melakukan yang terbaik. Menjadi seorang ibu adalah proses pembelajaran di mana tidak akan ada kesempurnaan yang bisa diperoleh oleh seorang wanita dalam menjalaninya. Jadi, nikmati saja prosesnya.