Saos tomat untuk membersihkan rumah
Tomat secara alami bersifat asam. Bila sudah dalam bentuk saus, maka tingkat keasamannya akan naik karena adanya cuka. Sifat asam dari tomat dan cuka di dalam saus kemasan ini ternyata efektif untuk membersihkan macam-macam benda. Mulai dari perabot logam, alat masak yang lengket karena kerak hangus, hingga rambut diwarnai yang ternoda klorin. Harganya pun lebih murah dibandingkan pembersih abrasif.

Berikut ini cara untuk memanfaatkan saus tomat sebagai pembersih rumah tangga yang bisa Moms terapkan di rumah:

Peralatan Rumah Kembali Berkilau dengan Saos Tomat, Begini Caranya, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.merdeka.com/amp/gaya/6-manfaat-saus-tomat-sachet-hilangkan-karat-perabot-logam-sampai-kilaukan-mobil.html

Saos tomat untuk membersihkan peralatan dapur
Siapa sangka, bahan yang terkandung pada saus tomat dapat membuat alat memasak yang ada yang terbuat dari tembaga, seperti teko, wajan, atau panci, tampil mengkilap.

Caranya sangat mudah. Langkah yang perlu Moms lakukan hanyalah menuangkan saos tomat pada sehelai kain lap lalu usapkan kain lap itu pada permukaan perabotan dapur. Setelah itu, bilas perabotan dengan air hangat dan keringkan. Perabotan dapur Moms pun kembali mengilap.

Saos tomat untuk membersihkan peralatan perak
Kilauan perabot dan perhiasan perak yang ada di rumah Moms juga bisa dikembalikan dengan saus tomat. Cukup rendam dalam saus tomat selama 5 sampai 10 menit. Jangan terlalu lama ya, karena sifat asam saus tomat juga bisa mengikis lapisan perak. Setelah itu cuci dengan air biasa hingga bersih.

Peralatan Rumah Kembali Berkilau dengan Saos Tomat, Begini Caranya, Moms!
source: https://lifestyle.kompas.com/read/2013/12/29/0948368/Manfaat.Saus.Tomat.untuk.Peranti.Makan.Perak.Anda

Saos tomat untuk membersihkan peralatan dari kuningan
Dalam rumah tangga, banyak furnitur atau alat yang terbuat dari kuningan sangat mudah kotor dan berkarat. Untuk mengatasinya, Moms bisa melapisi saos tomat pada benda dari kuningan tersebut. Lalu diamkan beberapa saat, bersihkan dengan kain lembut kemudian bilas sampai bersih.

baca juga

Saos tomat untuk membersihkan sisa makanan hangus
Kerak masakan yang hangus bisa merusak peralatan memasak. Tetapi Moms tak perlu menggosoknya dengan serabut kawat. Salah-salah lapisan anti lengketnya ikut terkikis. 

Cukup tuangkan saus tomat dan sedikit air ke atasnya, kemudian panaskan di atas kompor hingga mendidih. Tunggu sampai kerak terlepas, tetapi jangan sampai saos ikut menguap. Jika sudah mulai menguap, tambahkan air sedikit lagi. Setelah kerak terlepas, cuci alat masak seperti biasa. Dan voila! Peralatan masak Moms yang hangus kembali mengkilap seperti baru.

Peralatan Rumah Kembali Berkilau dengan Saos Tomat, Begini Caranya, Moms!
source: https://idea.grid.id/read/091643551/5-bahan-murah-dan-sederhana-untuk-bersihkan-alat-masak-bisa-pakai-saos-tomat?page=all

Saos tomat untuk menghilangkan karat
Dengan menggosokkan saos tomat ke peralatan rumah tangga yang berkarat ternyata efektif untuk menghilangkan karatnya membandel lho, Moms.

Diamkan beberapa saat, lalu cuci hingga bersih. Jika karatnya sudah mengeras, Moms bisa mencampurnya dengan sabun cuci piring dan air baru kemudian oleskan permukaannya dengan saos tomat.

Saos tomat untuk membersihkan mobil
Dan yang terakhir, Moms bisa membersihkan mobil dengan saos tomat. Meskipun dianggap kurang praktis, tetapi dengan menggosok lap yang sudah dituangi saos tomat, Moms bisa menjadikan mobil lebih berkilau.

Cuci mobil dengan sabun atau shampo mobil seperti biasa. Kemudian usapkan lap dengan saos tomat. Selanjutnya bilas kembali dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih.

Peralatan Rumah Kembali Berkilau dengan Saos Tomat, Begini Caranya, Moms!
source: http://berita.baca.co.id/18383383?origin=relative&pageId=d977c243-3940-4d3c-8e9a-910036df13b0&PageIndex=2

Nah Moms, murah dan mudah ya ternyata cara membersihkan peralatan rumah tangga kita dengan daos tomat ini. Selamat mencoba!