Fakta Nutrisi Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Bayangkan saja, komposisi air dalam semangka terdiri mencapai 91%. Kemudian diikuti dengan karbohidrat sebanyak 7.5% dan hampir tanpa kandungan lemak dan protein. Dengan kata lain, buah ini merupakan buah rendah kalori yang sangat menyegarkan. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dalam 100 gram semangka :

  • Kalori: 30 kkal
  • Air: 91%
  • Protein: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 7,6 gram
  • Gula: 6,2 gram
  • Serat: 0,4 gram
  • Lemak: 0,2 gram
Fakta Nutrisi Buah Semangka, Gak Cuma Menyegarkan Lho!
source: https://www.gimmesomeoven.com/


Karbohidrat

Semangka mengandung 7.6 gram karbohidrat per 100 gramnya. Karbohidrat yang dikandungnya sebagian besar adalah dalam bentuk gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meskipun mengandung gula, setiap porsi dari buah semangka relatif rendah karbohidrat. Dengan mengonsumsi semangka tidak akan memberikan pengaruh besar pada kadar gula darah.

Fakta Nutrisi Buah Semangka, Gak Cuma Menyegarkan Lho!
source: https://www.medicalnewstoday.com/
baca juga


Serat

Meskipun menyegarkan, buah semangka merupakan sumber serat yang kurang bisa diandalkan. Buah ini hanya memiliki 0,4 gram serat 100 gramnya. Itulah sebabnya semangka kurang bisa diandalkan untuk orang-orang yang memiliki masalah pencernaan. Di sisi lain, kandungan air yang tinggi dari buah semangka dapat menambah asupan cairan tubuh bagi mereka yang kurang suka minum air putih.

Fakta Nutrisi Buah Semangka, Gak Cuma Menyegarkan Lho!
source: https://www.webmd.com/


Vitamin dan Mineral

Semangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral lain yang bermanfaat untuk tubuh, beberapa diantaranya adalah :

  • Vitamin C. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit serta fungsi kekebalan tubuh.
  • Kalium. Mineral ini berperan dalam mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung.
  • Vitamin B5. Vitamin yang juga dikenal sebagai asam pantotenat penting dalam proses pembentukan sel darah, dan ini membantu mengubah makanan menjadi energi.
  • Vitamin A. Semangka mengandung beta karoten yang merupakan asupan antioksidan kuat. Manfaatnya adalah untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi peradangan.
Fakta Nutrisi Buah Semangka, Gak Cuma Menyegarkan Lho!
source: https://www.wideopeneats.com/


Secara umum, semangka adalah buah yang sangat sehat. Buah ini juga kaya dengan citrulline dan lycopene, dua senyawa tanaman yang berperan dalam menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan metabolisme, dan mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Tidak hanya itu, rasanya manis, lezat, yang dikemas dengan kadar air tinggi, menjadikannya sempurna untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kandungan kalori yang rendah membuatnya menjadi menu diet yang tepat bagi sebagian orang.