1. Pilihlah Kopi dari Biji Kopi Organik

Buat Pecinta Kopi, Coba Yuk Tips Membuat Kopi Susu yang Lebih Menyehatkan!
source: https://www.lennoxgelatocoffeeco.com.au/

Kebanyakan kopi yang dijual di pasaran bukan merupakan kopi organik, dimana penanamannya menggunakan semprotan pestisida untuk menghindari hama tanaman. Kopi seperti itu jelas berbahaya jika dikonsumsi secara rutin. Namun akan berbeda jika Mommy mengkonsumsi kopi yang berasal dari tumbuhan kopi yang dipelihara secara organik tanpa menggunakan pestisida. Kopi organik cenderung lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida serta mengandung nutrisi yang lebih optimal.


2. Jangan Gunakan Gula

Buat Pecinta Kopi, Coba Yuk Tips Membuat Kopi Susu yang Lebih Menyehatkan!
source: https://www.healthline.com/

Tambahan gula menambah dampak buruk dari asupan kopi yang Mommy minum. Untuk itu, jika Mommy menyukai kopi yang manis, pilihlah pemanis yang lebih sehat seperti gula kelapa organik. Ini lebih dianjurkan, sebab gula kelapa organik mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan gula pasir biasa. Selain itu, gula kelapa juga memiliki kandungan mineral alami seperti kromium yang bermanfaat untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh.

baca juga


3. Tambahkan Susu Nabati

Buat Pecinta Kopi, Coba Yuk Tips Membuat Kopi Susu yang Lebih Menyehatkan!
source: https://www.huffingtonpost.com/

Nah, untuk resep kopi susu sehat yang enak dan pastinya menyegarkan, Mommy dapat mencampurkan kopi dengan susu nabati, yaitu beragam susu yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah kopi susu kedelai (coffee soy). Selain itu, Mommy juga bisa mencoba campuran susu almond yang tidak kalah sehat. Selain manfaat kopi, Mommy juga akan mendapatkan manfaat dari susu kedelai dan susu almond yang dicampurkan.


4. Lengkapi dengan Bubuk Kakao dan Kayu Manis

Buat Pecinta Kopi, Coba Yuk Tips Membuat Kopi Susu yang Lebih Menyehatkan!
source: https://salondelcacaoychocolate.pe/

Menambahkan bubuk kakao dan kayu manis dapat menambah nutrisi serta cita rasa dari kopi susu yang dibuat. Bubuk kakao atau cokelat memiliki kandungan antioksidan dan kerap dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, bubuk kayu manis juga cukup direkomendasikan karena merupakan bahan herbal lezat yang menambah kenikmatan aroma kopi. Bahkan, banyak penelitian yang mengungkap bahwa kayu manis bermanfaat dalam menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida pada para penderita diabetes.

baca juga


5. Seduh Kopi dengan Kertas Filter

Buat Pecinta Kopi, Coba Yuk Tips Membuat Kopi Susu yang Lebih Menyehatkan!
source: https://www.hario.co.uk/

Terakhir, pastikan untuk menyeduh kopi susumu dengan menggunakan kertas filter. Penggunaan kertas filter ini sangat penting. Pasalnya, kopi seduh biasa memiliki kandungan zat berbahaya, yaitu zat diterpenes. Asupan zat ini dapat berisiko memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Apabila Mommy mengggunakan kertas filter, zat diterpenes akan hilang dengan tetap menjaga kandungan dari kafein dan antioksidan yang ada dalam kopi.