Tips hamil diusia 40 tahun ke atas
Kehamilan bisa terjadi kapan saja, ketika pasangan dalam kondisi subur. Termasuk ketika usia 40-an. Hamil pada usia 40 ke atas memang lebih berisiko dibandingkan hamil di usia 20-an, tapi bukan berarti risiko tersebut tak bisa diminimalisir. 

Tips Hamil di Atas Usia 40 Tahun Agar Ibu dan Calon Bayi Tetap Sehat
source: https://www.sahabatyatim.com/resiko-kehamilan-diusia-40-an-tahun-ke-atas/

Kuncinya adalah melakukan pemeriksaan secara lebih intensif. Moms juga harus lebih menjaga kesehatan tubuh. Hal ini mengingat kondisi dan vitalitas tubuh sangat berbeda dibandingkan ketika hamil usia 20-an. 

Konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter
Ketika memasuki masa kehamilan, maka kebutuhan gizi Moms meningkat. Banyak ibu hamil yang tidak bisa memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik, sehingga terancam kekurangan vitamin dan mineral. Tentunya akan memengaruhi kesehatan janin maupun ibu.

Maka itu ibu hamil, apalagi yang hamil di usia 40 tahun, memerlukan suplemen khusus agar kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik. Suplemen tambahan yang diberikan yaitu yang mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium. Suplemen ini bermanfaat untuk mencegah beberapa cacat lahir terkait dengan sumsum tulang belakang dan otak.

Namun bila Moms mengidap penyakit tertentu dan mengonsumsi obat-obatan, baiknya konsultasikan dulu pada dokter apakah Moms boleh lanjut minum obat tersebut atau tidak. Sebab, tidak semua obat dapat dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

Tips Hamil di Atas Usia 40 Tahun Agar Ibu dan Calon Bayi Tetap Sehat
source: https://www.alodokter.com/waspadai-risiko-kelebihan-asam-folat-pada-ibu-hamil

Rutin cek kehamilan
Hal ini penting untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil. Pemeriksaan rutin juga bertujuan agar ibu hamil mampu menghadapi persalinan, masa nifas, pemberian ASI eksklusif, dan mengembalikan kesehatan reproduksinya dengan baik.

Pemeriksaan ini dapat berupa pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, dan USG untuk mengetahui masalah yang dapat muncul selama kehamilan. Moms dapat mendiskusikan berbagai hal seputar kehamilan Moms kepada bidan atau dokter, termasuk cara menjaga kehamilan, rencana melahirkan, atau segala kekhawatiran yang memenuhi kepala Moms. Biasanya, pemeriksaan ini harus dilakukan setiap bulan tapi tanyakan lagi pada dokter Moms kapan jadwal yang tepat untuk melakukan semua tes tersebut.

Konsultasikan juga bila Moms memiliki masalah diabetes atau tiroid yang mungkin akan memengaruhi kehamilan Moms beserta cara mengatasinya. Dengan begitu, Moms dapat menjalani kehamilan dengan lebih aman dan lancar.

baca juga

Istirahat cukup
Menurut Barbara O’Brien, M.D., seorang spesialis perinatal genetik di Women and Infants’ Hospital of Rhode Island, wanita yang hamil di usia 40 tahun harus lebih peka terhadap tubuhnya. Seperti dilansir dari Fit Pregnancy, wanita usia 40 tahun justru lebih bersemangat dalam beraktivitas, sehingga mereka cenderung ingin terus melakukan semua halnya sendiri.

Maka, Moms perlu mengistirahatkan tubuh Moms sesering mungkin dan tidak memaksakan diri. Simpan tenaga Moms dengan istirahat yang cukup untuk menjaga kehamilan Moms di usia yang tak lagi muda.

Tips Hamil di Atas Usia 40 Tahun Agar Ibu dan Calon Bayi Tetap Sehat
source: https://www.alodokter.com/siap-hamil-di-atas-35-tahun

Hindari stress
Jika ibu hamil dapat mengelola stres dengan baik, maka respons tubuh terhadap stres akan menurun dan tubuh akan kembali ke keadaan semula. Sebaliknya, stres yang tidak dikelola dengan baik berisiko meningkatkan hormon stres ibu yang dapat berpengaruh pada kesehatan janin di dalam kandungan. Apalagi hamil di usia 40-an.

Untuk mengatasinya, Moms bisa mengelola stress dengan cara bercerita permasalahan yang sedang Moms hadapi ke suami atau sahabat, istirahat cukup dan berolahraga ringan. Hal tersebut dapat mengelola stress yang sering dialami ibu hamil.

Jalani pola hidup sehat
Sudah menjadi kewajiban para ibu hamil untuk menjaga pola hidup yang sehat, terutama Moms yang menjalani kehamilan di usia yang berisiko tinggi. Hindari berbagai pola hidup tak sehat seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol, termasuk juga suami dan keluarga Moms.

Meskipun Moms tidak merokok tetapi suami atau anggota keluarga lainnya merokok, ini tetap saja membuat Moms menjadi perokok pasif yang dapat membahayakan kesehatan Moms dan bayi. Jadi, mintalah suami Moms berhenti merokok, atau setidaknya tidak merokok di sekitar Moms.

Selain itu, makanlah makanan bergizi yang kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan janin Moms. Hindari makanan yang terlalu berlemak, tidak higienis ataupun masih mentah.

Tips Hamil di Atas Usia 40 Tahun Agar Ibu dan Calon Bayi Tetap Sehat
source: https://m.detik.com/health/ibu-dan-anak/d-1642212/10-bahaya-pada-ibu-hamil-yang-kena-asap-rokok

Berikut tadi tips yang bisa Moms jalankan ketika hamil di atas usia 40 tahun. Namun, jika mengalami komplikasi lain selama kehamilan langsung segera konsultasikan ke dokter/bidan ya Moms. Semoga selalu sehat!