Penyebab yang dapat memicu tumpukan lemak di paha yaitu saat Moms banyak mengkonsumsi energi yang sebenarnya diperlukan. Energi tersebut dapat berasal dari karbohidrat maupun protein. Namun Apabila jumlah dari energi melalui makanan yang masuk ke dalam tubuh jauh lebih besar dari aktivitas yang biasa Moms lakukan, maka ketidakseimbangan ini akan membuat lemak menumpuk, salah satunya pada bagian paha. Lantas apa penyebab tumpukan lemak di paha? 

1. Faktor Genetik
Faktor genetik biasanya cenderung menjadikan sebagian orang memiliki paha yang besar. 
Orang yang memiliki faktor turunan seperti ini memang lebih rentan mengalami penimbunan lemak pada paha. Terlebih jika tidak melakukan pola hidup yang sehat dan menjaga pola makan yang sehat pula maka lemak pada paha akan semakin menumpuk.
 
2. Faktor Hormon
Bagian tubuh  yang menjadi tempat penyimpan lemak seperti paha, biasanya disebabkan oleh aktivitas atau ketidakaktifan hormon tertentu. Selain itu hormon estrogen pada wanita meningkatkan penyimpanan lemak di sekitar lutut ke atas (paha dan bokong). Banyak wanita yang mengalami kelebihan estrogen baik dari konsumsi makanan seperti daging, maupun unsur sintetis yang terdapat pada bahan kimia di perabotan plastik dan lapisan anti lengket. Moms dianjurkan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur karena dapat membuang estrogen yang tak terpakai.

3. Jarang Berolahraga
Jarangnya melakukan olahraga akan membuat tubuh Moms tidak sehat dan menumpuknya lemak di badan terutama paha. Melakukan beberapa jenis gerakan olahraga yang membuat otot-otot paha menjadi lebih aktif  akan memaksimalkan lemak paha yang terbakar. Moms dapat berolahraga seperti bersepeda, berenang, jogging, dan kegiatan lain yang membuat otot-otot paha menjadi lebih aktif sehingga akan memaksimalkan mengurangi tumpukan lemak pada paha.

Lemak Menumpuk di Paha, Apa Saja Penyebabnya?

4. Sering Konsumsi Makanan Cepat Saji
Mengonsumsi makanan cepat saji atau junkfood  menjadikan tubuh Moms tidak sehat dan membuat lemak pada badan menumpuk. Lemak jenuh selalu ada disetiap junkfood  sehingga jenis makanan tak sehat ini harus Moms hindari.
 
5. Kurang Minum Air Putih
Jika Moms kurang meminum air putih maka lemak pada paha Moms juga bisa semakin meningkat. Hal ini karena meminum air putih secara rutin akan membantu membuat rasa kenyang dan mengurangi porsi makan. Sehingga makanan yang diserap tubuh menjadi lebih sedikit dan penimpunan lemak di paha akan dapat dikurangi maupun dicegah.

6. Malas Berjalan
Saat ini semua hal menjadi lebih instan dan mudah, berjalan kaki menjadi hal yang sudah jarang dan malas dilakukan bagi sebagian orang karena sudah digantikan dengan berbagai kendaraan. Namun Moms, ternyata akibat dari malas berjalan akan membuat lemak pada paha semakin menumpuk. Dengan berjalan kaki akan membuat tubuh Moms lebih sehat dan akan membantu mengurangi lemak yang menimbun di paha.