Terdapat beragam perubahan yang terjadi ketika tubuh mengalami kehamilan, salah satu yang paling umum dialami dan menjadi ciri awal kehamilan adalah perut kembung. Perut kembung di masa awal kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang mengakibatkan jaringan otot polos saluran cerna menjadi lebih rileks atau bekerja lebih lambat. Melambatnya proses pencernaan tersebut mengakibatkan penumpukan gas di perut sehingga perut menjadi kembung. 

Kenali Perut Kembung Ciri Hamil Muda, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Muda

Meskipun wajar dialami oleh semua ibu di masa awal kehamilan, perut kembung bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang mengganggu. Hal ini tentu akan menghambat aktivitas ibu hamil muda, apalagi jika di masa awal kehamilan tersebut juga dibarengi keluhan lain seperti mual dan mudah lelah. Nah moms, beberapa cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung di masa awal kehamilan.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil Muda
baca juga

Konsumsi Sayur dan Buah

Mengkonsumsi ragam sayur dan buah selama masa kehamilan akan menambah asupan serat ibu hamil muda sehingga terhindar dari sembelit dan perut kembung. Tapi perlu diingat moms, sebaiknya pilih buah dan sayur yang tepat dengan porsi yang cukup, karena terlalu banyak makan sayur dan buah atau salah dalam memilihnya justru dapat menambah jumlah gas di perut. 

Konsumsi Sayur dan Buah

Perbanyak Minum Air Putih

Selain untuk menghindarkan ibu hamil muda dari dehidrasi, memperbanyak minum air putih juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Lancarnya sistem pencernaan akan menghindarkan ibu hamil muda dari masalah konstipasi atau sembelit yang menyebabkan perut kembung. 

Perbanyak Minum Air Putih
baca juga

Makan dalam Porsi Sedikit Diselingi Camilan Sehat

Makan sekaligus dalam porsi banyak adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan produksi gas penyebab perut kembung. Jadi, bagi ibu hamil muda sebaiknya makan lebih sering dengan porsi kecil agar perut kembung tidak semakin marah. Selingi juga dengan camilan sehat untuk menghindari perut kosong terlalu lama. 

Makan dalam Porsi Sedikit Diselingi Camilan Sehat

Hindari Stres

Stres saat makan ternyata bisa menyebabkan gangguan pencernaan loh moms. Ketika makan dengan perasaan stres maka makanan yang masuk ke perut tidak akan tercerna dengan baik. Jadi sebaiknya selama masa kehamilan awal moms menghindari terlalu banyak pikiran dan stres, karena bisa memperburuk kondisi perut yang kembung.

Hindari Stres