Mencegah Anak Obesitas

Sebagai orangtua, Mommy memainkan peran penting dalam membantu anak membangun pola hidup yang sehat. Ini termasuk pada pola makan, minum, aktivitas fisik, serta waktu tidur yang baik dan cukup. Misalnya, ajarilah anak tentang pentingnya menyeimbangkan jumlah makanan dan minuman yang ia makan dan minum dengan aktivitas fisik harian yang dilakukannya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu anak agar bisa mengembangkan kebiasaan sehat yang mencegah pada risiko obesitas :

Jangan Sampai Kegemukan, Moms! Ini 5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
source: https://www.bbc.com/


1. Jadilah Contoh yang Baik

Ingat, anak adalah peniru yang sangat profesional. Jika Mommy tidak menunjukkan kebiasaan yang baik pada hidup Mommy sendiri, dijamin anak mengikuti apa yang Mommy lakukan. Untuk itu, konsumsilah makanan dan minuman sehat serta imbangi itu semua dengan memilih hiburan aktif. Memberi contoh yang baik juga secara tidak langsung menciptakan budaya hidup sehat pada keluarga kecil Mommy sendiri.

Jangan Sampai Kegemukan, Moms! Ini 5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
source: https://vitalrecord.tamhsc.edu/
baca juga


2. Komunikasikan Arti Pola Hidup Sehat

Selain memberikan contoh, Mommy juga perlu memberikan arahan kepada anak mengenai apa arti dari menjadi sehat dan betapa pentingnya kesehatan itu sendiri. Selainjutnya, diskusikan dengan anak apa saja kebiasaan baik yang harus dilakukan untuk memperoleh tubuh yang sehat dan kuat. Ini dapat berlanjut pada merancang menu makanan sehat dan aktivitas fisik menantang untuk pola hidup keluarga yang lebih ideal.

Jangan Sampai Kegemukan, Moms! Ini 5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
source: https://consultqd.clevelandclinic.org/


3. Ajak Anak Melakukan Aktivitas Fisik

Ingatlah bahwa anak-anak setidaknya harus melakukan satu jam penuh aktivitas fisik setiap harinya. Ini tentu akan cukup menantang mengingat anak masa kini sangat erat hubungannya dengan gadget dan smartphone. Untuk itu, carilah aktivitas yang memang disenangi anak untuk membuatnya bersemangat dalam bergerak.

Jangan Sampai Kegemukan, Moms! Ini 5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
source: https://www.napnap.org/
baca juga


4. Selalu Pastikan Anak Cukup Tidur

Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara kecukupan waktu tidur dengan berat badan seseorang. Hasilnya, kelebihan berat badan memiliki kaitan yang erat pada kondisi kurang tidur, baik itu pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Untuk itu, pastikan selalu anak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Jangan Sampai Kegemukan, Moms! Ini 5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
source: http://www.thesleepjudge.com/


5. Menu Diet Anak untuk Cegah Obesitas

Selain dengan menjalani beberapa langkah diatas, Mommy juga perlu menerapkan diet anak yang sehat untuk mencegah obesitas, seperti:

  1. Perbanyak asupan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh seperti beras merah
  2. Pilihlah sumber protein yang berasal dari daging tanpa lemak, unggas, seafood, kacang-kacangan, dan telur.
  3. Berikan anak susu bebas lemak atau pengganti susu, seperti susu kedelai atau susu almond.
  4. Untuk camilan, berikan anak potongan buah atau salad sayuran sayuran yang dicampur dengan yogurt bebas lemak. Hindari memberi anak milkshake atau es krim.
  5. Hentikan asupan makanan ringan seperti keripik, biskuit, minuman bersoda, dan minuman manis dengan gula tambahan lainnya.
Jangan Sampai Kegemukan, Moms! Ini 5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
source: http://powerathletehq.com/


Itulah beberapa hal penting yang harus Mommy perhatikan untuk mengendalikan berat badan anak yang berlebih. Semoga bermanfaat, ya!