Bahasa Jepang

Kebanyakan anak Indonesia pasti pernah terpapar bahasa Jepang. Bagaimana tidak, hampir semua kartun anak di Indonesia merupakan produksi dari negara sakura ini. Siapa sangka, bahasa Jepang menduduki salah satu dari lima bahasa tersulit di dunia. Pasalnya, untuk mempelajari bahasa ini, Mommy harus menguasai dua macam hurif, yaitu Hiragana, digunakan untuk kata-kata Jepang, dan Katakana, digunakan untuk kata-kata asing. Masih terlihat mudah? Tunggu dulu, Mommy juga harus menghafal dan memahami huruf kanji dengan sistem penulisan yang diadopsi dari karakter Cina.

Wow, Ini Dia 6 Bahasa Tersulit Di Dunia! Mau Coba Mempelajarinya?
source: https://blog.udemy.com/

Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan bahasa resmi Tiongkok yang menjadikannya bahasa paling banyak digunakan di dunia karena populasi negara yang besar. Menurut Ethnologue, terdapat 1,197 miliar penutur bahasa Mandarin pada tahun 2014. Nah, yang membuat bahasa ini sulit dan kompleks adalah sistem penulisannya sendiri dapat membuat berputar. Karakter huruf dari bahasa ini menyerupai gambar kompleks dan sepertinya jumlah dari huruf-huruf ini tidak terbatas. Tidak hanya itu, untuk berbicara dengan bahasa Mandarin juga sulit mengingat ada empat nada utama untuk tiap karakter. Bahkan, lima jika Mommy menghitung nada netral. Jika salah menggunakan nada, bisa jadi Mommy tertukar dalam menyebutkan “ibu” dan “kuda”.

Wow, Ini Dia 6 Bahasa Tersulit Di Dunia! Mau Coba Mempelajarinya?
source: http://www.brainscape.com/
baca juga

Bahasa Hungaria

Bahasa Hungaria masuk dalam daftar bahasa tersulit karena kata-kata dalam bahasa ini dibentuk dari susunan yang kompleks. Selain itu, frasa dalam bahasa ini juga kerap kali digabung, seperti barátnőmmel yang berarti “bersama teman perempuan saya”.  Tidak hanya itu, terdapat 18 sufiks kasus dalam bahasa Hungaria.  Berbeda dengan bahasa Inggris yang hanya memiliki tiga. Tingkat kesulitan bahasa Hungaria juga dipengaruhi oleh aturan tata bahasa yang kompleks.

Wow, Ini Dia 6 Bahasa Tersulit Di Dunia! Mau Coba Mempelajarinya?
source: https://whereischristinanow.wordpress.com/

Bahasa Finlandia

Banyak orang mengatakan bahwa bahasa Finlandia memiliki ikatan linguistik dengan bahasa Hungaria. Itulah yang menyebabkan bahasa ini juga termasuk pada daftar bahasa yang sulit untuk dipelajari. Namun, tidak seperti Hungaria, bahasa Finlandia “hanya” memiliki 15 bentuk kata. Akan tetapi, kata-katanya dapat bertambah panjang tergantung pada apa yang ingin dikatakan. 

Wow, Ini Dia 6 Bahasa Tersulit Di Dunia! Mau Coba Mempelajarinya?
source: https://www.pinterest.com/
baca juga

Bahasa Arab

Bahasa yang digunakan dalam kitab suci umat Islam ini ternyata menjadi salah satu bahasa yang sangat sulit untuk dikuasai. Mommy pasti sudah tahu bahwa Bahasa Arab Standar Modern memiliki bentuk huruf yang mengalir dan bersambung. Mungkin belajar membaca dan menghafal huruf Arab tidak tampak sulit. Namun, ini akan menjadi lebih kompleks saat Mommy ingin mulai berbicara karena kata-kata dalam bahasa Arab dibentuk dengan akar dasar dari tiga konsonan utama yang menentukan semua karakteristik gramatikal dan deskriptif dari apa yang ingin disampaikan (kasus, jumlah subjek/objek, jenis kelamin, dan faktor lain pembicaraan). Tidak hanya itu, tanda huruf vokal juga kerap dihilangkan dalam tulisan, sehingga menyulitkan siswa untuk menerjemahkan teks.

Wow, Ini Dia 6 Bahasa Tersulit Di Dunia! Mau Coba Mempelajarinya?
source: https://www.optilingo.com/

Bahasa Polandia

Bahasa Polandia adalah bahasa yang lebih banyak menggunakan konsonan-konsonannya.  Bahkan kata untuk "halo" terlihat kompleks dan sulit : cześć.  Para pelajar bahasa Polandia sering menghadapi masalah ketika mencoba mengucapkan kata-kata dari bahasa ini.  Tidak hanya itu, aturan bahasa ini juga sulit dengan tujuh kasus yang dapat dipengaruhi oleh tujuh gender gramatikal. Saat akan membentuk kalimat Mommy mungkin akan merasa seperti melakukan perhitungan yang rumit karena begitu kompleks.

Wow, Ini Dia 6 Bahasa Tersulit Di Dunia! Mau Coba Mempelajarinya?
source: https://www.pinterest.com/

Itulah enam bahasa tersulit di dunia yang mungkin pernah Mommy pelajari. Jika belum, kira-kira bahasa mana yang tertarik untuk kamu coba?