Hati-hati Menindik Telinga Bayi

Saat mengambil keputusan untuk menindik telinga bayi, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, kapan sebaiknya telinga bayi ditindik. Beberapa dokter menyarankan agar tindik telinga dilakukan saat bayi sudah berusia di atas 2 bulan, di mana ia sudah mendapatkan vaksin tetanus (DPT). Vaksin ini akan memperkecil risiko bayi terkena infeksi akibat tindik telinga yang tidak steril. 

Selain itu, kamu perlu juga berhati-hati terhadap infeksi yang bukan karena tetanus, melainkan hal lain. Misalnya, tempat dan alat yang digunakan tidak bersih, serta paparan tangan bayi yang sering menyentuk bekas luka akibat tindik telinga. 
 

Hati-hati Menindik Telinga Bayi
source: https://www.buzzfeed.com



 

baca juga

Luka Keloid

Selain kekhawatiran akan infeksi, menindik telinga bayi juga bisa menyebabkan munculnya keloid atau pertumbuhan jaringan yang tidak normal pada bekas luka. Oleh karena itu, apabila di dalam keluargamu terdapat riwayat keloid, sebaiknya tunda dulu melakukan tindik telinga ini pada si kecil ya, Moms!

Kamu juga jangan mengabaikan mengenai pilihan anting untuk bayi. Berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan mengenai jenis anting yang tidak berisiko menimbulkan reaksi alergi pada logam.
 

Luka Keloid
source: http://www.mirror.co.uk



 

Lakukan Perawatan Pasca Menindik Telinga Bayi

Merawat bekas luka pasca tindik juga sangat penting lho, Moms. Untuk itu lakukan beberapa hal berikut ini: 

1. Hindari melepaskan anting bayi selama 6 bulan. Selama itu pula kamu harus rutin membersihkan telinga bayi untuk mencegah terjadinya infeksi. Berkonsultasilah mengenai pembersih yang aman dengan dokter. Selain itu, saat memandikan bayi, jaga agar bekas luka tindinya tetap kering dan tidak lembap, karena jika lembap maka akan mengundang bakteri untuk datang. 

2. Kamu perlu mengetahui gejala infeksi yang mungkin dialami bayi. Beberapa tanda di antaranya yaitu bagian telinga meradang ataupun berdarah, dan bayi rewel maupun menangis karena merasa kesakitan. Jangan tunggu untuk membawa bayi ke dokter untuk diperiksa ya, Moms!
 
Lakukan Perawatan Pasca Menindik Telinga Bayi
source: https://www.buzzfeed.com


 
baca juga

3. Setelah 6 bulan, dan telinga bayi dalam kondisi yang baik maka kamu bisa mengganti antingnya. Gunakan anting dari bahan yang tidak memicu reaksi alergi dan pilih yang bentuknya bulat dan kecil, bukan anting panjang karena bisa ditarik-tarik oleh bayi. 
 

Lakukan Perawatan Pasca Menindik Telinga Bayi
source: http://metro.co.uk


Nah, beberapa hal di atas mungkin menjadi kekhawatiran orangtua saat menindik telinga bayi. Namun, menurut tenaga kesehatan, tindik telinga bayi diperbolehkan asalkan dilakukan dengan aman, yakni sebaiknya dilakukan saat bayi telah diberikan kekebalan terhadap infeksi tetanus, tindik telinga dilakukan oleh ahli dan yang terutama, orangtua melakukan perawatan yang rutin pasca tindik telinga.