Apa Itu KB Implan

KB implan adalah salah satu jenis KB yang sering digunakan dan dikenal ampuh untuk mencegah kehamilan. KB implan adalah jenis kontrasepsi hormonal dengan melepaskan hormon progesteron ke dalam tubuh untuk mencegah kehamilan, dengan cara menghalangi pelepasan sel telur dari ovarium. 

Apa Itu KB Implan

Jenis KB yang fleksibel ini berupa tabung kecil yang berisi hormon pencegah kehamilan yang berukuran seperti korek api dan biasa disebut dengan KB susuk. Cara menggunakannya dengan dipasangkan di bawah kulit bagian lengan atas. Dengan sekali pemasangan tersebut sudah dapat berfungsi jangka panjang, yakni sekitar tiga tahun sejak pertama kali pemasangan.

Cara Kerja KB Implan

Susuk atau implan yang dimasukkan di bawah kulit bagian lengan atas ini mengandung berbagai zat yang dapat mencegah kehamilan. Cara kerjanya pun berkesinambungan satu sama lain. Susuk tersebut akan menurunkan hormon progestin dengan kadar rendah untuk mencegah kehamilan. Yaitu mencegah ovulasi atau pelepasan sel telur dalam siklus haid. Jika seorang wanita tidak berovulasi maka ia tidak bisa hamil.

Cara Kerja KB Implan

Adapun tugas progestin tersebut juga menebalkan lendir di sekitar leher rahim. Dengan demikian sperma akan susah untuk masuk ke dalam rahim. Adapun jika sperma berhasil membuahi sel telur, maka sperma atau sel telur tersebut akan susah menempel, karena progesrin juga menipiskan dinding rahim. Sehingga tidak akan terjadi kehamilan. 

baca juga

Dampak Positif KB Implan

Sebelum menentukan pilihan penggunaan metode KB, maka moms harus tahu dampak dan mempertimbangkan efek samping dari KB tersebut, sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Berikut beberapa dampak positif penggunaan KB Implan:

  • KB implan dikenal ampuh mencegah kehamilan. Jika pemasangannya benar, maka KB Implan dapat mencegah kehamilan dalam jangka waktu sekitar tiga tahun.
  • Memiliki jangka waktu yang lama. Yakni sekitar tiga tahun. Sangat cocok digunakan bagi wanita yang menunda kehamilannya dalam jangka waktu yang lama.
Dampak Positif KB Implan
  • Pilihan yang lebih mudah bagi moms jika dibandingkan dengan pil atau alat kontrasepsi lainnya.
  • Bisa dilepas kapan saja dengan bantuan dokter, apalagi jika menjumpai efek samping yang tidal diinginkan
  • Kembalinya masa kesuburan sangat cepat setelah alat implan tersebut dilepas.
  • Membantu mengatasi nyeri haid dan nyeri punggung yang disebabkan oleh endometriosis.

Dampak Negatif KB Implan

Selain dampak positif, ternyata KB implan juga memiliki dampak negatif yang perlu untuk dipertimbangkan. Nah berikut dmpak negatif KB Implan yang harus Moms ketahui:
  • Sebagaimana dampak KB biasanya dapat membuat berat badan meningkat daripada sebelumnya.
  • Siklus haid tidak lancar dan warna darah haid dapat berubah.
  • Tidak adanya perlindungan terhadap penyakit menular yang membahayakan
  • Membutuhkan biaya yang lebih mahal karena membutuhkan biaya tambahan untuk pemasangan dan pelepasan implan.
  • Implan seringkali berpindah dari tempat pemasangannya, sehingga seringkali menyulitkan dokter untuk melepasnya.