1. Ayam Al-Baik

1. Ayam Al-Baik

Terkenal sebagai ayam goreng paling lezat di Madinah membuat popularitas ayam Albaik ini tak pernah padam. Tak hanya dicari oleh para turis, ayam Albaik ini juga digemari oleh orang lokal. Selain rasa ayamnya yang khas, garlic sauce yang selalu disajikan dengan ayam ini mendorong lidah untuk tidak berhenti makan. Porsinya yang besar bisa Moms nikmati bersama suami dan anak.

Perlu diingat Moms, seluruh restoran di Arab Saudi memiliki sistem yang berbeda dengan Indonesia. Ada dua lantai yang disediakan, yang pertama untuk pembeli laki-laki saja dan yang kedua untuk pembeli keluarga dan tentunya hanya laki-laki yang boleh mengantri. Jadi jangan berkecil hati kalau perempuan tidak diperbolehkan bebas membeli. Serahkan semua urusan pada Dads ya, Moms.

2. Nasi Biryani

2. Nasi Biryani

Ada banyak jenis makanan berat khas Arab Saudi seperti nasi mandi, nasi kabsa dan nasi biryani. Perbedaan mendasar dari ketiga nasi tersebut adalah cara masak dan rempah-rempah yang diberikan.

Tentunya Moms sudah tidak asing lagi mendengar nasi biryani ini dong. Dibandingkan dua nasi lainnya, nasi biryani ini lebih cocok untuk lidah orang Indonesia. Rempahnya yang komplit dan rasanya yang pedas akan sangat membuat Moms ketagihan. Biasanya nasi biryani disajikan dengan daging domba yang empuk dan gurih. Tak sulit mendapatkan nasi biryani yang lezat di sekitar Madinah, sehingga Moms dapat mengunjungi restoran ala Arab Saudi ini ketika berkunjung ke Mesjid Nabawi.

baca juga

3. Mutabbaq

3. Mutabbaq

Tak melulu makanan berat, tenyata kuliner khas Arab Saudi juga punya side dish yang terlihat tidak asing bagi orang Indonesia. Ya, Mutabbaq. Dari namanya saja sudah hampir mendekati ya, Moms. Mutabbaq ini hampir mirip dengan martabak telur lho, Moms.

Secara keseluruhan mutabbaq ini sama dengan martabak yang ada di Indonesia yaitu telur, daging cincang dan daun bawang yang dibalut dengan kulit pastry yang garing. Namun yang paling membedakan adalah isian daging yang digunakan. Jika biasanya di Indonesia martabak telur menggunakan daging ayam atau sapi cincang, di Arab Saudi, mutabbaq menggunakan daging kambing atau domba sehingga menghasilkan efek yang berbeda saat memakannya. Daging kambing atau domba dapat memberikan efek panas pada tubuh. Jadi sensasinya tetap berbeda kan, Moms?

4. Hummus

4. Hummus

Hummus adalah sejenis side dish ala Timur Tengah yang menyehatkan. Pasalnya, hummus berasal dari kacang arab, minyak zaitun, bawang putih, jus lemon dan wijen yang ditumbuk sehingga menyerupai selai. Biasanya disajikan dengan roti. Rasanya yang gurih dan segar dari tambahan lemon membuat hummus ini sangat nikmat untuk dijadikan cemilan sehat. Bagi Moms yang pertama kali mencoba, pasti akan merasa kurang cocok dengan lidah orang Indonesia, namun lama-kelamaan hummus ini bikin orang ketagihan lho, Moms.