Diabetes mengancam diri dan orang-orang yang Anda sayangi. Diabetes merupakan peyakit yang terjadi ketika glukosa atau disebut juga gua darah dalam tubuh moms terlalu tinggi. Pada dasarnya gula darah sumber energi utama berasal dari sumber makanan yang dikonsumsi. Insulin, hormon yang dibuat oleh pankreas membantu glukosa dari makanan masuk ke dalam sel untuk menghasilkan energi. Sayangnya terkadang tubuh Anda tidak selalu memiliki insulin, atau insulin tidak bekerja dengan baik. Sehingga glukosa tetap ada di dalam darah Anda. Memiliki glukosa terlalu tinggi inilah yang menyebabkan masalah kesehatan serius. Bahkan merusak mata, jantung, ginjal, saraf, saluran pencernaan, penyakit gusi dan gigi.

Berdasarkan penyebabnya, diabetes pun digolongkan pada dua jenis yaitu tipe 1 dan tipe 2. Gejalanyanya sendiri meliputi rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, rasa lapar yang ekstrem, kelelahan, mudah marah, penglihatan kabur, serta infeksi gusi, kulit, dan vagina. Hingga kini memang belum ada obat yang benar-benar secara efektif menyembuhkan secara total. Sehingga penting untuk menjaga kesehatan agar tidak terjangkit penyakit ini. Berikut 8 efek diabetes pada tubuh:

1. Penyakit Jantung

Moms, coba kontrol makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Jaga kesehatan Anda agar tidak terjangkit penyakit diabates. Berdasarkan keterangan dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, penyakit diabetes dapat mengakibatkan hal yang lebih fatal bagi tubuh. Si penderita bahkan beresiko terkena penyakit jantung koroner dan strok. Kadar gula darah tinggi juga berkontribusi pada pembentukan timbunan lemak di dinding pembuluh darah.

1. Penyakit Jantung
baca juga

2. Kerusakan Ginjal

Kadar gula yang tinggi berperan merusak cara kerja ginjal yang bertugas menyaring produk limbah dari darah. Kondisi ini sering disebut sebagai neuropatik diabetik. Jika terjadi dalam waktu lama tentu akan merusak ginjal itu sendiri. Jika orang terdekat moms sudah terlanjur mengalami kondisi ini, untuk mencegah kerusakan biasanya dilakukan skrining nefropati.

2. Kerusakan Ginjal

3. Kehilangan Penglihatan

Berbagai masalah mata akan timbul jika diabetes telah bersarang di tubuh Anda. Diabetes juga menyebabkan retinopati diabetik. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah pada belakang mata, tepatnya pada bagian retina. Sehingga si penderita kehilangan penglihatannya. Selain itu mereka juga dapat mengalami masalah mata lainnya seperti katarak dan glaukoma.

3. Kehilangan Penglihatan
baca juga

4. Kerusakan Saraf

Peningkatan kadar gula darah merusak saraf, yang meningkatkan risiko terkena infeksi atau borok pada bagian kaki. Selain tidak enak dipandang, tentu si penderita akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi jika sudah sangat parah. Terdapat 3 jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes, diantaranya neuropati diabetik perifer, neuropati otonom dan amyotrophy diabetik.

4. Kerusakan Saraf

5. Penyakit Gusi

Diabetes menempatkan moms terkena masalah Gusi. Gusi akan berwarna memerah, berdarah dan mengalami pembengkakan. Kerusakan gusi semakin lama menebalkan pembuluh darah, yang memperlambat aliran nutrisi, melemahkan gusi dan jaringan tulang. Selain itu, si penderita juga rentan mengalami infeksi jamur di rongga mulut, terutama spesies kandida. Jamur Kandida sangat mudah menyebar bahkan sampai ke saluran pernapasan dan kerongkongan. Gejalanya ditandai dengan timbul bercak putih pada gusi.

5. Penyakit Gusi

6. Masalah Reproduksi

Diabetes juga dapat dialami oleh wanta hamil. Selama masa kehamilan moms akan mengalami perubahan hormon. Dimana hormon tersebut dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Gejalanya ditandai pada infeksi vagina dana kandung kemih. Akibatnya saat hamil moms harus berhati-hati terhadap dua jenis tekanan darah tinggi  yang mengakibatkan preeklampsia atau eklampsia. Terjadi hanya pada masa hamil, sehingga usai melahirkan kadar gula darah akan kembali normal.

6. Masalah Reproduksi

7. Penyakit Kulit

Diabetes juga mempengaruhi kulit Anda, kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kulit menjadi dehidrasi, kering dan pecah-pecah. Ini mempengaruhi pembuluh darah kecil dari tubuh yang memasok kulit dengan darah, kondisi ini dikenal sebagai dermopati diabetik. Ini membuat kulit rentan terhadap folikulitis, kuku yang terinfeksi, dan sties.

7. Penyakit Kulit

8. Masalah Pencernaan

Diabetes  menyebabkan si penderita mengalami gastroparesis. Sebuah gangguan yang terjadi ketika perut membutuhkan waktu lama untuk mengosongkan makanan. Ini menyebabkan gejala seperti muntah, mual, dan rasa kenyang.Waspadai terus ya moms, penyakit diabetes. Jika merasakan salah satu gejalanya segera hubungi dokter.

8. Masalah Pencernaan