1. Dokumen dan Tiket

1. Dokumen dan Tiket

Memperhatikan kelengkapan berkas terutama saat akan berkunjung ke negara lain adalah sebuah keharusan. Pastikan seluruh berkas seperti paspor, visa, tiket pesawat dan buku panduan maupun berkas lainnya tersimpan rapi dalam satu pouch atau map. Usahakan untuk sudah membereskannya dari jauh-jauh hari sehingga tidak keteteran saat hari keberangkatan. Jangan sampai mengalami masalah dengan pihak imigrasi di negara lain ya, Moms.

2. Obat-obatan Pribadi

2. Obat-obatan Pribadi

Meskipun penyedia jasa tour and travel yang membawa Moms ke tanah suci menyediakan obat-obatan, tetap penting bagi Moms untuk mempersiapkan sendiri secara lengkap. Terlebih, biasanya obat-obatan yang disediakan hanya untuk penyakit yang umum dan ringan. Bawalah obat yang cocok atau sesuai saran dokter. Biasakan untuk mengecek tanggal kadaluarsa obat sebelum meminumnya, sehingga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

baca juga

3. Perlengkapan Ibadah

3. Perlengkapan Ibadah

Niat utama ke tanah suci adalah beribadah, jangan lupa untuk selalu membawa Al-Qur'an yang travel friendly sehingga tidak akan menyita ruang dalam tas. Penting juga untuk membawa buku do'a yang biasanya dibagian ketika manasik haji sehingga ketika lupa Moms bisa membuka buku do'a kembali. Bagi yang tidak terbiasa sholat tanpa sajadah, bisa banget untuk membawa sajadah lipat yang tipis sehingga tidak menambah berat bagasi.

4. Pakaian Ganti

4. Pakaian Ganti

Meskipun paket haji telah termasuk jasa laundry, namun tak ada salahnya untuk membawa pakaian lebih dari yang direncanakan. Perbanyaklah gamis dan bergo syar'i yang memiliki bahan menyerap keringat sehingga lebih nyaman digunakan. Selain kaus kaki, penting juga bagi Moms untuk membawa legging wudhu sehingga lebih praktis dan memudahkan Moms ketika akan berwudhu. Bagi Dads, selain kain ihram yang digunakan ketika beribadah, penting juga untuk membawa pakaian koko ataupun gamis. 

baca juga

5. Perlengkapan Mandi dan Skincare

5. Perlengkapan Mandi dan Skincare

Penting juga untuk melengkapi peralatan mandi dan skincare yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan di sana. Pilihlah pembersih yang head to toe sehingga Moms hanya membutuhkan satu produk yang bisa membersihkan rambut dan seluruh tubuh. Bisa banget untuk cobain cleanser dari Wardah yang khusus haji dan umroh. Kira-kira skincare apa saja yang harus di bawa? Moisturizer, sunscreen, lip balm dan face mist penting banget untuk selalu disimpan di tas.

6. Tas Selempang

6. Tas Selempang

Padatnya jema'ah haji yang beribadah membuat Moms dan keluarga harus ekstra hati-hati terhadap barang bawaan. Untuk memudahkan Moms atau Dads saat perjalanan, gunakanlah tas selempang yang praktis dan bisa memuat barang penting seperti ponsel, dompet dan kartu identitas. Karena ukurannya yang kecil, Moms dan Dads dapat langsung memilah mana barang yang penting dibawa setiap saat dan mana yang bisa ditinggalkan di hotel.

7. Botol Minum

7. Botol Minum

Udara yang panas akan sangat dengan mudah membuat Moms kehausan. Bawalah botol minum pribadi yang terbuat dari silikon sehingga dapat dilipat dan tidak memenuhi tas. Meskipun dekat sumber air zamzam selalu disediakan gelas plastik, tak ada salahnya untuk kita lebih mencintai lingkungan dengan membawa botol minum sendiri.

8. Alat Komunikasi

8. Alat Komunikasi

Alat komunikasi tak luput jadi perhatian. Saat perjalanan jauh meninggalkan keluarga, penting untuk memberi kabar mengenai kondisi selama di tanah suci. Selain itu, ponsel akan sangat membantu ketika Moms membutuhkan komunikasi pada nomor-nomor darurat saat terpisah dengan rombongan. Tak perlu bingung, Moms masih bisa menggunakan sim card dari Indonesia atau membeli sim card lokal dengan konsekuensi biaya telepon atau internet lebih mahal. Carilah provider yang mumpuni sehingga tidak akan membuat Moms kesusahan mencari sinyal.