Memikirkan Rumah

Tidak bisa dipungkiri, memikirkan kondisi rumah kerap menyebabkan orang-orang yang ingin berangkat haji kehilangan fokus selama beribadah. Ini dapat berupa pikiran mengenai apakah aman meninggalkan rumah kosong, bagaimana jika ada perampokan, atau mungkin kekhawatiran terjadi kebakaran. Untuk itu, pahamilah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat meninggalkan rumah kosong selama menjalani ibadah haji. Salah satunya adalah dengan menitipkan rumah pada tetangga atau kerabat yang dipercaya. Akan lebih baik jika Mommy meminta salah satu saudara untuk tinggal di rumah. Dengan begitu, Mommy dapat lebih tenang saat meninggalkan rumah selama haji.

5 Hal Yang Bisa Mengganggu Fokus Selama Ibadah Haji
source: https://www.latimes.com/

Mengkhawatirkan Anak

Memiliki anak yang masih kecil kerap menjadi alasan mengapa para pasangan menunda untuk pergi haji. Padahal, meninggalkan anak selama beberapa minggu bukanlah masalah besar jika Mommy tahu cara tepat menangani dan mempersiapkannya. Salah satunya adalah dengan menitipkan anak pada tante atau neneknya. Jangan lupa untuk menjelaskan secara rinci apa saja yang harus diperhatikan seputar kebutuhan si kecil pada orang yang akan menjaganya selama Mommy pergi haji.

5 Hal Yang Bisa Mengganggu Fokus Selama Ibadah Haji
source: https://www.dhakatribune.com/
baca juga

Beban Pekerjaan

Meninggalkan aktivitas harian untuk melaksanakan ibadah haji akan memberikan beban tersendiri bagi sebagian orang. Itulah sebabnya penting bagi Mommy untuk benar-benar menyelesaikan tanggung jawab sebelum memasuki masa cuti untuk haji. Jika Mommy memiliki usaha, pastikan untuk menyerahkan beberapa tanggung jawab pada orang terpercaya. Jangan sampai Mommy masih memikirkan masalah pekerjaan atau bisnis saat akan berangkat ke tanah suci.

5 Hal Yang Bisa Mengganggu Fokus Selama Ibadah Haji
source: https://www.aljazeera.com/

Menyiapkan Oleh-Oleh

Nah, kalau yang satu ini kerap menjadi beban tersendiri bagi para calon jamaah haji. Pasalnya. oleh-oleh yang akan dibagikan ke sanak saudara dan tetangga menjadi hal yang penting dalam tradisi orang pergi haji di Indonesia. Untuk mengakalinya, Mommy dapat membeli beberapa oleh-oleh haji seperti sajadah, tasbih, atau sarung di Indonesia. Ada banyak sekali toko yang menjual oleh-oleh khas tanah suci di Tanah Abang dan Thamrin City. Cara ini banyak dilakukan oleh para calon jamaah haji yang tidak ingin ibadahnya terganggu memikirkan oleh-oleh untuk kerabat di Indonesia.

5 Hal Yang Bisa Mengganggu Fokus Selama Ibadah Haji
source: https://www.aa.com.tr/
baca juga

Sosial Media

Terakhir, kemajuan zaman dengan maraknya penggunaan sosial media ternyata menjadi tantangan baru bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah haji. Keinginan untuk selalu update kondisi dan aktivitas ternyata menjadi hal yang sangat berpotensi mengganggu kekhusyukan ibadah. Selain itu, ini juga bisa menyebabkan kecenderungan riya dan sombong selama beribadah haji. Jadi, pastikan untuk menonaktifkan sosial mediamu selama beribadah di tanah suci. Mommy hanya bisa menggunakan aplikasi chat untuk mengabari saudara dan anak-anak di Indonesia.

5 Hal Yang Bisa Mengganggu Fokus Selama Ibadah Haji
source: https://www.bbc.com/news/


Itulah beberapa hal yang ternyata dapat mengganggu fokus ibadah selama haji. Pastikan Mommy menghindari gangguan-gangguan tersebut agar ibadah haji menjadi lancar dan pulang mendapatkan haji yang mabrur.