Fluoride treatment adalah perawatan pada gigi dengan zat fluor yang bertujuan untuk mencegah gigi berlubang. Perawatan ini sebenarnya sangat disarankan untuk anak dengan rentang usia 2-4 tahun. Karena pada usia ini, gigi anak baru tumbuh dan flouride treatment dapat memperkuat lapisan terluar gigi.

Cegah Gigi Berlubang, Ini Manfaat Fluoride Treatment untuk Anak
source: https://www.dictio.id/

Fluoride treatment dilakukan dengan cara mengoleskan fluoride pada gigi anak. Namun sebelumnya dokter gigi akan membersihkan gigi terlebih dahulu dan mengeringkannya dengan semprotan udara. Baru setelah itu fluoride berbentuk gel akan dioleskan pada lapisan terluar gigi. Flouride yang diberikan pada saat fluoride treatment tentu kadarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan fluoride yang terkandung dalam pasta gigi ya, Moms. Dianjurkan perawatan ini dilakukan dua kali dalam setahun sampai anak mencapai usia remaja.

Manfaat Fluoride Treatment

Tidak hanya mencegah gigi berlubang, namun fluoride treatment memiliki manfaat lain yang mendukung pertumbuhan gigi si kecil. Apa saja manfaat fluoride treatment?

  • Mencegah pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya.
  • Memperlambat hilangnya mineral dari lapisan terluar gigi.
  • Membangun kembali lapisan terluar gigi yang melemah.
  • Menghentikan tanda awal kerusakan gigi.
Manfaat Fluoride Treatment

Nah Moms, ternyata banyak kan manfaat fluoride treatment selain mencegah gigi berlubang. Perawat kesehatan gigi sedini mungkin dan rutin ke dokter gigi untuk perawatan pencegahan gigi berlubang akan membuat gigi si kecil selalu sehat hingga si kecil dewasa. Kalau tidak sekarang, kapan lagi, Moms?

Namun sebelum melakukan fluoride treatment pada anak, sebaiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Mommies, agar lebih jelas tentunya. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.