Apa Itu Diet Air Putih

Diet Air Putih, Apakah Sehat untuk Menurunkan Berat Badan?
source: https://www.timesnownews.com/s

Salah satu tren diet yang belakangan ini populer adalah diet air putih. Sayangnya, diet ini ternyata masuk dalam kategori diet yang ekstrem di mana seseorang tidak makan dan hanya minum air. Bahkan, pada beberapa pola diet air putih menganjurkan untuk melakukannya selama beberapa hari. Kemudian, seseorang baru diperbolehkan untuk mulai mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran ketika berat badan mulai turun.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa diet air putih ini merupakan nama lain untuk puasa. Pasalnya, keduanya memiliki konsep yang sama. Mungkin ini tidak akan benar-benar membahayakan tubuh, tetapi diet air putih adalah cara yang kurang baik dalam upaya menurunkan berat badan. Dengan melakukan diet ini, seseorang berpotensi merasakan lapar yang luar biasa hingga akhirnya kembali pada pola makan normal setelah melakukan diet air putih. Dengan kata lain, berat badan yang hilang akan kembali muncul.


Risiko Diet Air Putih

Diet Air Putih, Apakah Sehat untuk Menurunkan Berat Badan?
source: https://fixdiets.com/

Saat tubuh hanya menerima air putih, tubuh akan kehilangan asupan nutrisi penting yang dibutuhkannya. Dampak jangka pendeknya adalah seseorang dapat kehilangan banyak berat badan. Sayangnya, kurangnya berat badan itu bukanlah dari lemak, melainkan otot. Para ahli kesehatan memaparkan bahwa orang yang melakukan diet air putih akan lebih banyak kehilangan otot. Hal ini berbeda dengan orang yang kehilangan berat badan dari pengurangan kalori yang direkomendasikan dari asupan normal mereka. 

baca juga


Diet Air Dingin, Apakah Dapat Bekerja Optimal?

Diet Air Putih, Apakah Sehat untuk Menurunkan Berat Badan?
source: https://www.yourtango.com/

Lalu bagaimana dengan diet air dingin? Apakah dengan melakukannya dapat menurunkan berat badan secara signifikan? Diet air dingin dilakukan dengan meminum banyak air dingin tanpa membatasi asupan makanan harian. Cara ini dilakukan karena tubuh membakar kalori ekstra untuk bisa "menghangatkan" air sedingin es menjadi suhu tubuh normal 37 derajat. Dengan kata lain, semakin dingin air, semakin banyak kalori yang terbakar. Tidak hanya itu, banyak air juga membuat seseorang akan merasa kenyang lebih lama. Sayangnya itu semua tidak akan memberikan pengaruh apa-apa pada berat badanmu. Pasalnya, asupan makan yang sama tidak akan mempengaruhi perubahan berat badan yang signifikan. 

Kesimpulannya, kita semua tahu bahwa air putih merupakan hal yang baik dan penting untuk kesehatan tubuh. Namun, itu sama sekali tidak menggantikan asupan gizi dan nutrisi dari makanan. Jika Mommy ingin meminum air dingin untuk membakar kalori, silakan saja untuk mencoba. Tetapi jika cara ini diharapkan bisa memberikan hasil yang signifikan, mungkin itu akan sulit Mommy dapatkan. 

Diet Air Putih, Apakah Sehat untuk Menurunkan Berat Badan?
source: https://www.sharecare.com/

Tidak ada diet yang lebih baik dibandingkan dengan menjaga asupan makanan sehat dan begizi serta olahraga yang rutin dan teratur. Pastikan untuk menghindari pola makan atau diet ekstrem karena berpotensi memperburuk keadaanmu.