1. Menyimpan Makanan dan Minuman yang Masih Panas

1. Menyimpan Makanan dan Minuman yang Masih Panas

Fungsi kulkas adalah mendinginkan makanan dan minuman yang berada di dalamnya. Jika Moms memasukkan makanan dan minuman panas, maka kulkas akan bekerja ekstra untuk mendinginkannya. Jika hal ini terus menerus dilakukan, kulkas akan cepat rusak lho. Nggak cuma itu aja, saat ada makanan panas masuk, bakteri dari satu makanan bisa berpindah dengan cepat ke makanan lain. Hal ini tentu menurunkan kualitas makanan lainnya. Lagi pula, makanan panas yang dimasukkan ke dalam kulkas juga menurunkan tingkat nutrisinya. Jadi, jangan pernah melakukan hal ini ya Moms.

2. Terlalu Banyak Menumpuk Makanan

2. Terlalu Banyak Menumpuk Makanan

Menumpuk makanan sembarangan bisa membuat bakteri makanan cepat menyebar. Apalagi jika Moms nggak menyimpan makanan tersebut pada wadah yang bersih. Menumpuk makanan terlalu banyak juga bisa membuat Makanan tersebut jadi cepat basi lho Moms. Lebih baik, tata makanan dengan rapi dan usahakan jangan sampai menumpuknya ya.

baca juga

3. Tidak Menutup Makanan dengan Rapat

3. Tidak Menutup Makanan dengan Rapat

Jika Moms tidak menutup makanan dengan rapat, maka akan mempengaruhi kelembapan kulkas lho. Selain itu, bau makanan tersebut juga menyerbak ke seluruh bagian kulkas. Sebenarnya, fungsi kulkas bukan hanya mendinginkan makanan saja, tapi juga menyingkirkan bau dan lembap yang terjadi di dalamnya. Nah, jika suhu ruangan kulkas menjadi lembap dan bau, tentu kinerja kulkas Moms akan bekerja ekstra.

4. Tidak Menutup Pintu Kulkas dengan Benar

4. Tidak Menutup Pintu Kulkas dengan Benar

Hayo, siapa sering mengabaikan pintu kulkas yang tidak menutup sempurna? Biasanya nih, ketika Moms atau si Kecil membuka kulkas, pasti membiarkan pintu kulkas itu menutup sendiri dan nggak mengeceknya lagi. Jika terdapat celah sedikit saja pada pintu kulkas, udara dingin di dalam kulkas akan keluar dan membuat mesin mengeluarkan tenaga untuk mempertahankan suhunya. Suhu di dalam kulkas pun bisa jadi kurang dingin karena terus menerus keluar.

Nah, itulah 4 kesalahan yan sering Moms lakukan saat meyimpan makanan di kulkas. Setelah membaca artikel ini, jangan dilakukan lagi ya Moms. Bahaya lho!