Memiliki kulit yang lembap dan sehat merupakan dambaan siapapun. Makanan bisa menjadi faktor kulit lembap atau justru kering, moms. Tidak hanya makanan, penyebab lainnya yang membuat kulit kering seperti penggunaan sabun yang mengandung antiseptik berlebih, terlalu sering mandi dengan air panas, cuaca atau udara dingin dan masih banyak lagi faktornya. Lalu bagaimana dengan makanan? Makanan apa saja yang membuat kulit moms kering? Berikut deretan makanan yang menyebabkan kulit kering.

Kopi

Kopi memberikan efek buruk pada tubuh seperti membuat pembuluh darah jadi menyempit, sehingga cairan yang mengalir ke kulit akan sedikit. Selain itu, kopi memberikan efek dehidrasi yang membuat kulit pun ikut menjadi kering. Kopi juga tidak baik jika dikonsumsi dalam keadaan perut masih kosong ya, moms.

Kopi
baca juga

Alkohol

Alkohol bersifat diuretic dimana saat meminumnya, secara alamiah alkohol akan mengeluarkan cairan dari tubuh hingga membuat tubuh dehidrasi. Kulit pun akan menjadi kering karena kurangnya kelembapan, bahkan bisa menyebabkan munculnya kerutan halus di area kulit jika sering mengkonsumsi alkohol.

Alkohol

Roti

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, sebaiknya kurangi mengkonsumsi roti. Makanan ini mengandung tepung dan gula yang tinggi, serta tinggi karbohidrat. Jika kadar gula darah dalam tubuh tinggi, kolagen yang menjaga keelastisan kulit akan rusak hingga menyebabkan kulit kering dan muncul keriput.

Roti
baca juga

Makanan Manis

Makanan manis juga perlu dihindari demi menjaga kolagen tubuh agar kulit tidak cepat kering dan moms tidak terserang penuaan dini karena munculnya keriput. Makanan manis yang harus moms hindari ialah permen, coklat, soda, kue, dan masih banyak lagi.

Makanan Manis

Makanan Asin

Makanan asin atau memiliki kadar garam yang tinggi membuat kandung air pada kulit terserap hingga menyebabkan dehidrasi dan kulit kering. Beberapa makanan yang tinggi kadar garamnya ialah keripik, kentang goreng, kerupuk, dan masih banyak lagi. Jika moms terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin, moms harus perbanyak meminum air mineral, ya.
 

Makanan Asin

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A baik untuk menjaga kesehatan kulit seperti membantu mengecilkan pori-pori. Tapi, sebenarnya vitamin A tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak karena kulit bisa mengarami kekeringan, bahkan berdampak buruk pada rambut, bisa membuat rambut moms mudah rontok. Jika moms merasa kulit moms merupakan jenis kulit kering, tidak perlu mengonsumsi vitamin A berlebihan, ya.
 

Makanan yang Mengandung Vitamin A