Gigi kuning tidak hanya disebabkan dengan gaya hidup yang salah tetapi juga bisa karena jenis makanan yang moms pilih, lho. Jika moms sudah menghindari hal-hal yang menyebabkan gigi kuning seperti merokok, tetapi gigi masih moms masih juga kuning, mungkin moms harus hindari jenis-jenis makanan di bawah ini yang bisa menjadi penyebabnya.

Saus Tomat

Saus tomat memiliki rasa asam dan berwarna cerah yang bisa membuat warna gigi berubah menjadi kekuningan dan menyebabkan erosi enamel pada gigi.

Saus Tomat
baca juga

Cuka

Sama seperti saus tomat, cuka bersifat asam bahkan zat asamnya jauh lebih tinggi dibandingkan saus tomat. Hal tersebut membuat cuka menjadi faktor kerusakan dan kekuningan pada gigi. Jika moms sedang memakan cuka, moms bisa lanjutkan dengan memakan daun selada yang mampu memberikan lapisan pelindung pada gigi sehingga gigi tidak mudah menguning.

Cuka

Wine

Tidak hanya kopi yang menyebabkan gigi mudah kuning, wine juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Terlalu sering mengonsumsi wine, perlahan akan membuat warna gigi berubah kekuningan. Tentu efeknya lebih besar jika dibandingankan dengan kopi, karena wine mengandung tannin yang tinggi.

Wine
baca juga

Teh

Kandungan tannin yang tinggi menyebabkan teh tidak boleh sering diminum karena bisa meninggalkan noda hitam pada gigi hingga membuat gigi kuning. Bahkan pengaruh teh yang menyebabkan gigi kuning jauh lebih besar jika dibandingkan kopi.

Teh

Soda

Kandungan bahan kimia yang tinggi pada soda bisa menghancurkan enamel. Soda yang mengandung banyak bahan perwarna akan berefek pada gigi karena akan mengubah gigi menjadi kuning.

Soda

Bit

Bit merupakan jenis buah-buahan yang bentuknya seperti ubi jalar yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Hal itu dikarenakan buah bit memiliki warna yang pekat yang tentu akan berpengaruh pada warna gigi. Disarankan jika setelah memakan buah bit atau meminum jusnya, langsung minum air mineral atau langsung sikat gigi, ya.

Bit

Kari

Warna pekat dan kuat pada kari bisa berdampak pada warna gigi moms. Memang kari menjadi makanan super lezat dan sulit dihindari. Jika moms ingin memakan kari tapi takut gigi menjadi kuning, moms bisa mencampurkan kari dengan sayur bayam, lho.

Kari