Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Menyusui
​​​​​​

Kalau soal makanan dan minuman bergizi yang disarankan saat sedang menyusui Moms sedikit banyak pasti sudah tahu dong ya, seperti makanan yang mengandung banyak zat besi, asam folat, kalsium, omega-3 dan yodium. Namun, sudahkah Moms tahu apa saja makanan dan minuman yang menjadi pantangan saat masa menyusui? Karena biar bagaimana pun setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas, kandungan bahkan rasa ASI juga loh, Moms! Ini dia daftar beberapa makanan dan minuman yang pengonsumsiannya perlu dihindari atau minimal dikurangi oleh ibu menyusui:

  • Minuman yang mengandung kafein
  • Minuman beralkohol
  • Buah yang mengandung zat asam
  • Ikan bermerkuri tinggi
  • Makanan dengan zat pengawet dan pewarna
  • Makanan cepat saji
  • Makanan kaleng
  • Makanan dan minuman berpemanis buatan
  • Daun peterseli dan daun mint yang bisa mengurangi jumlah ASI
  • Makanan pedas
  • Bawang putih
  • Cokelat berlebihan
  • Jagung
  • Makanan yang memicu alergi seperti produk gandum, susu sapi, kedelai, kacang-kacangan dan telur
  • Makanan mengandung gas seperti buah bit dan brokoli
  • Beberapa herbal tertentu
Kontrol Diri, Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menyusui

Soft Drink

Soft drink di definisikan sebagai minuman ringan dingin yang tidak mengandung alkohol. Tetapi beberapa diantara minuman ringan dingin yang menyegarkan itu justru merupakan minuman berkarbonasi yang mengandung kola dan memiliki kafein di dalamnya, Moms.

Mengonsumsi kafein seperti yang terkandung dalam kopi, soda dan teh dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan tidur dan rasa cemas loh. Sehubungan dengan menyusui, hal tersebut juga dapat berpengaruh pada kadar zat besi dalam ASI dan berpotensi membuat Si Kecil mengalami gangguan tidur serta perubahan mood yang tidak stabil, Moms.

Bukan hanya itu saja, banyak dari minuman ringan dalam kemasan juga mengandung sejumlah gula tambahan atau gula buatan yang tentunya tak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

Kontrol Diri, Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menyusui
baca juga

Alkohol
​​​​​​

Jenis minuman selanjutnya yang seharusnya dihindari oleh ibu menyusui yaitu minuman beralkohol, Moms. Jika Moms termasuk orang yang tidak bisa lepas dari alkohol, cobalah menguranginya sedikit demi sedikit seperti tidak lebih dari satu gelas saja.

Karena jika ibu menyusui meminum alkohol lebih dari dua gelas dalam seminggu, hal itu bisa mengakibatkan keterlambatan pada perkembangan otak anak. Selain itu, alkohol juga dapat membuat bayi kesulitan mendapatkan berat proporsionalnya. Tentu Moms tidak mau kan? Maka dari itu, pertimbangkan untuk mengurangi alkohol mulai dari sekarang ya!

Kontrol Diri, Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menyusui

Minuman Isotonic

Minuman isotonik yang dapat menggantikan cairan dan elektrolit dengan cepat ini memang diperuntukkan oleh seseorang dengan aktivitas berat, Moms. Namun sebaliknya, ion dalam minuman isotonik justru akan tidak berguna bagi orang dengan aktivitas rendah atau tidak membutuhkan energi yang besar.

Sama halnya dengan soft drink, minuman isotonik juga mengandung gula buatan dan bahkan dapat membuat beberapa ibu menyusui tertentu alergi terhadap zat di dalamnya. Oleh karenanya, jika Moms tidak terlalu butuh, sebaiknya hindari minuman berisotonik selagi menyusui ya, Moms. perbanyak saja minum air putih yang lebih menyehatkan dan paling diperlukan oleh tubuh.

Kontrol Diri, Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menyusui
baca juga

MSG atau Monosodium Glutamat
​​​​​​

Tahukah Moms bahwa di dalam air susu ibu itu sendiri sebenarnya sudah mengandung glutamate sekitar 10 kali lebih banyak dibandingkan susu sapi. Oleh sebab itu, tambahan glutamate di luar ASI terutama dari makanan sesungguhnya sudah tidak lagi diperlukan.

Namun bukan berarti tidak boleh sama sekali, hanya saja kadar yang bisa dikonsumsi menjadi jauh lebih sedikit yakni berkisar 0,3 sampai dengan 1 garam saja per hari, Moms. Mengukur kandungan MSG memang akan terasa sulit, oleh karenanya Moms cukup hindari saja penggunaan MSG dalam keseharian saat menyusui.

Kontrol Diri, Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menyusui

Makanan dengan Zat Pengawet dan Pewarna

Zat-zat yang seringkali terkandung pada berbagai jenis makanan dan minuman ini sudah seharusnya dihindari dan bukan hanya oleh ibu menyusui saja, melainkan untuk setiap orang nih, Moms. zat pengawet seperti boraks bahkan formalin dan pewarna tekstil yang tanpa sepengetahuan kita mungkin terkandung dalam beberapa makanan kaleng atau siap saji ini cukup berbahaya terutama terpapar pada ibu menyusui.

Berdasarkan hal tersebut, ada baiknya Moms membuat sendiri makanan yang akan dikonsumsi saat masa menyusui untuk kebaikan ibu dan bayi. Dengan memasak makanan sendiri, kandungan nutrisi, kualitas bahan, kebersihan dan keamanan makanan sudah pasti terjamin, Moms.

Kontrol Diri, Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menyusui