Paska melahirkan Moms harus memilah jenis makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Memilih jenis makanan akan membantu Moms dalam proses pemulihan penyembuhan luka paska melahirkan dan mengembalikan energi yang terkuras habis setelah melahirkan. Berikut mari kita simak makanan apa saja yang wajib Moms konsumsi setelah melahirkan:

Ikan salmon

Ikan salom menjadi salah satu makanan terbaik untuk ibu yang baru melahirkan. Karena salmon kaya akan kandungan asam lemak DHA yang ada di dalam ASI yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Moms. DHA yang terkandung dalam salmon juga dapat membantu menjaga mood Moms sehingga akan mengurangi risiko terkena baby blues (depresi pasca melahirkan).

Pasca Melahirkan, Konsumsi 8 Makanan Sehat Ini Agar ASI Lancar, Moms

Susu

Mengkonsumsi susu akan berdampak baik untuk kesehatan Moms. Susu kaya akan kalsium, protein, serta vitamin B1 sehingga membantu Moms memiliki asupan nutrisi yang memadai. Selain itu, susu dapat membantu Moms dalam pemulihan tenaga pasca melahirkan. Karena susu akan menghasilkan energi untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Oleh karena itu, susu akan bantu menghilangkan rasa lelah dan lemas setelah melahirkan.

Susu
baca juga

Beras cokelat

Moms bisa menggantikan beras putih dan mencoba beras cokelat sebagai pengganti karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Beras cokelat akan menambah energi Moms dan mampu meningkatkan kualitas ASI.

Beras cokelat

Jeruk

Setelah melahirkan, Moms tentu akan mulai menyusui bayi. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C dibandingkan saat Moms masih hamil. Buah jeruk yang terkenal akan vitamin C ini bisa jadi salah satu buah yang Moms konsumsi. 

Jeruk
baca juga

Telur

Moms disarankan mengkonsumsi dua butir telur setiap hari untuk mengembalikan tenaga setelah melahirkan serta untuk memenuhi kebutuhan protein Moms. Kuning telur merupakan sumber vitamin D yang baik bagi kesehatan ibu juga akan menjaga tulang agar tetap kuat dan membantu pertumbuhan tulang pada bayi Moms.

Telur

Roti Gandum

Mengkonsumsi roti gandum akan membantu tingkatkan asam folat (vitamin yang larut air) agar bayi Moms tetap sehat. Moms disarankan mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup dengan mengkonsumsi roti gandum. Roti gandum mengandung banyak folat dibandingkan roti tawar biasa.

Roti Gandum

Keju

Moms disaranan untuk mengkonsumsi keju setelah melahirkan karena keju salah satu makanan yang aman dikonsumsi.  Produk olahan susu ini kaya akan kalsium yang baik untuk ibu menyusui dan juga kandungan nutrisinya baik untuk memenuhi kebutuhan ibu sekaligus bayi.

Keju

Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kangkung akan memberi Moms manfaat kandungan vitamin A, kalsium, zat besi, vitamin C, dan zat antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Moms setelah melahirkan. Selain itu dengan vitamin A yang dimiliki sayuran hijau juga akan dibutuhkan oleh bayi Moms melalui ASI.

Sayuran Hijau