Semakin bertambah usia kehamilan, biasanya bayi semakin aktif di perut. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain menjadi salah satu tanda bahwa janin sehat, gerakan janin dilakukkan ke berbagai posisi guna mempersiapkan masa persalinan. Posisi bayi ideal menjelang persalinan adalah posisi anterior. Pada posisi ini kepala bayi sudah berada di bawah, dan wajahnya menghadap perut moms. Posisi ini sudah mapan pada usia kehamilan 28 minggu hingga 32 minggu. Namun  tak semua bayi dapat  berputar ke posisi tersebut menjelang persalinan. Ada juga yang berada pada posisi sebaliknya, yakni posisi kepala di atas dan kaki di bawah atau posisi bayi sungsang.

Wasapada Moms, Ini Tanda-Tanda Bayi Dalam Posisi Sungsang

Dilihat dari posisi kaki, posisi ini terdapat tiga jenis diantaranya:

  • Sungsang murni, ketika bokong sebagai posisi terbawah dan kedua lutut dalam posisi lurus mendekati kepala.
  • Jenis sungsang komplit adalah saat bokong bayi pada posisi terbawah dan salah satu atau kedua lututnya tertekuk.
  • Terakhir, posisi sungsang sebagian. Posisi ini salah satu atau kedua kaki bayi berada dibawah bokong. Mengetahui posisi bayi sejak awal akan memudahkan moms untuk mencari jalan keluar dengan bantuan dokter. Selain itu, moms sendiri pun bisa merasakan jika posisi si bayi tidak semestinya.
Berikut tanda-tanda posisi bayi dalam kandungan moms pada posisi sungsang:

1. Usia Kehamilan

Posisi bayi terus bergerak aktif pada tubuh moms. Saat usia kehamilan semakin bertambah posisi bayi pun terus berputar. Ciri-ciri kehamilan sungsang juga akan tampak pada usia mendekati persalinan yakni pada minggu ke 36 atau lebih. Banyak faktor yang menyebabkan bayi berputar hingga mengubah posisinya. Salah satunya karena menjelang minggu-minggu terakhir persalinan bayi akan semakin kuat bergerak.

baca juga

2. Posisi Kepala Bayi

Ketika posisi bayi moms sungsang, posisi kepala berada di atas bagian pusar Anda. Posisi ini dapat dirasakan hingga bagian fundus, karena bayi terus bergerak aktif. Tanpa alat bantu ultrasonografi atau usg, biasanya dokter atau bidan sudah bisa merasakan jika pada bagian atas tersebut adalah kepala, dan bukan kaki sebagaimana mestinya.

3. Mengalami Tekanan Pada Rahim

Saat posisi bayi sungsang, moms akan merasa tidak nyaman. Hal ini karena kepala bayi yang berada di atas mendesak dalam rahim hingga mencapai pada bagian iga.Tak jarang kepala bayi yang terus mendesak membuat moms merasakan sesak pada bagian dada.

baca juga

4. Posisi Tendangan Bayi

Pada posisi sungsang tendangan si kecil akan moms rasakan di sekitar leher rahim atau perut bagian bawah. Hal ini karena posisi kaki bayi di bawah sedangkan kepala di atas. Sensasi menggelitik pun akan moms rasakan. Lantaran jari-jari si kecil menyentuh pada bagian leher rahim.

5. Posisi Detak Jantung Bayi

Pada perkembangan bayi normal biasanya detak jantung bayi terletak di bawah pusar. Namun jika detak jantung bayi berada di atas pusar ibu, kemungkinan bayi pada posisi sungsang. Untuk mengetahui kondisi ini tentu moms wajib melakukan pemeriksaan dengan dokter. Karena petugas medis lebih mengetahui mana suara detak jantung bayi dan bukan.