Kandungan Nutrisi Nasi Putih

“Belum makan kalau belum makan nasi,” slogan ini ternyata berbanding terbalik pada apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, nasi putih tidak memiliki kandungan nutrisi yang berarti bagi tubuh. Asupannya hanya memberikan rasa kenyang lebih cepat. Nasi putih juga tidak mengandung nutrisi sebanyak nasi merah, yang dilengkapi dengan serat, magnesium dan vitamin. Para peneliti mengatakan bahkan mengatakan bahwa mengkonsumsi nasi putih tidak memberikan nutrisi yang cukup. Sebaliknya malah berkontribusi pada risiko diabetes tipe 2.

Fakta Makan Nasi 3 Kali Sehari, Ini Bahaya yang Mengintai
source: https://www.leaf.tv/

Risiko Diabetes Tipe 2

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa orang yang makan banyak nasi putih terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Perlu dipahami juga, makan nasi putih dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena nasi putih sangat mudah diproses dan diubah menjadi gula. Dengan kata lain, ini akan mengakibatkan seseorang lebih cepat lapar daripada saat mereka makan makanan rendah gula.

Fakta Makan Nasi 3 Kali Sehari, Ini Bahaya yang Mengintai
source: https://www.thehealthsite.com/wp-content/uploads/2018/09/white-rice.jpg
baca juga

Bahaya Terlalu Banyak Asupan Gula

Mengendalikan asupan gula merupakan hal penting yang harus dilakukan agar pola makan tetap terjaga dengan seimbang. Jika Mommy merasa musuh makanan sehat adalah micin atau MSG, seharusnya Mommy lebih waspada lagi dengan gula. Berikut ini adalah bahaya terlalu banyak mengkonsumsi gula:

  1. Berat badan berlebih
  2. Risiko penyakit jantung
  3. Risiko diabetes
  4. Masalah jerawat
  5. Mempercepat penuaan
Fakta Makan Nasi 3 Kali Sehari, Ini Bahaya yang Mengintai
source: https://gizmodo.com/

Waspadai Asupan Gula Lain

Selain asupan nasi yang berlebihan, risiko diabetes tipe 2 juga dapat karena kebanyakan orang tidak menyadari asupan gula dan karbohidrat lain yang dikonsumsi dalam satu hati. Orang Indonesia sangat terbiasa untuk makan nasi dengan lauk kentang kering dan bakwan jagung. Asupan protein yang ada mungkin hanya 1 potong ayam atau daging. Belum lagi ditambah dengan camilan berupa roti atau selingan pasta. Jangan heran jika pola makan ini akan mengarah pada berat badan berlebih atau obesitas.

Fakta Makan Nasi 3 Kali Sehari, Ini Bahaya yang Mengintai
source: https://www.healthline.com/


Itulah hal yang harus disadari oleh orang-orang yang terbiasa dengan asupan nasi berlebih. Sebagai orangtua, tidak ada salahnya Mommy memberikan menu makanan yang lebih bervariasi. Pastikan tidak ada asupan yang berlebihan dan semua dikonsumsi dalam batas yang wajar.