Anak Bicara Sendiri

Ketika si kecil sedang bermain, terkadang para orangtua melihat mereka berbicara sendiri, baik dengan mainannya maupun hanya sendiri. Hal ini ternyata sering sekali dilakukan oleh si kecil. Saat sedang bermain, si kecil memiliki imajinasi mereka sendiri dan secara tidak sadar akan mengeluarkan berbagai macam kata-kata dari mulutnya. Jangan khawatir, hal ini bukan hal yang negatif lho, Moms! Dengan berbicara sendiri, si kecil bisa berlatih untuk berbicara dengan lingkungan sekitar.

Apa Penyebab Anak Sering Bicara Sendiri? Waspadai Tanda-tanda Ini, Moms!
source: https://totstotravel.co.uk/uploads/gallery/prop-id-1292-tots-almond-grove-203-2-20181126101926.jpg

Penyebab Anak Bicara Sendiri

Anak yang berbicara sendiri bukan berarti mereka memiliki teman khayalan seperti yang ditakuti oleh para orangtua. Biasanya, penyebab si kecil berbicara sendiri yaitu ia sedang melatih kemampuan berkomunikasinya dengan lingkungan sekitar. Selain itu, jika si kecil ingin mengekspresikan perasaannya, biasanya mereka juga sering berbicara sendiri. Penyebab lainnya yaitu, kreatifitas dan imajinasi anak sedang berkembang pada usia tersebut (2-5 tahun).

Apa Penyebab Anak Sering Bicara Sendiri? Waspadai Tanda-tanda Ini, Moms!
source: https://www.psychiclilly.com/wp-content/uploads/indigo-child-reading2.jpg
baca juga

Kecerdasan Anak Sering Bicara Sendiri

Sebuah penelitian yang ada dalam jurnal Early Childhood Research Quarterly, si kecil yang sering berbicara sendiri memiliki kemampuan motorik lebih besar dibandingkan dengan si kecil yang cenderung diam saat sedang beraktifitas. Persentasenya sekitar 78% lebih baik. Dengan berbicara sendiri, si kecil juga sedang belajar mencoba menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bantuan orangtua.

Apa Penyebab Anak Sering Bicara Sendiri? Waspadai Tanda-tanda Ini, Moms!
source: https://www.hhik.edu.hk/images/HH_Pics/play.jpeg?i=997

Cara Mengatasi Anak Sering Bicara Sendiri

Sikap sering berbicara sendiri yang sering dilakukan si kecil umumnya akan menghilang saat usianya menginjak diatas lima tahun. Namun, selama ia masih sering berbicara sendiri, yang perlu Moms lakukan adalah mendengarkan dan tidak mengolok kebiasaan tersebut dan terus melatihnya dalam berbicara dan menceritakan apa yang sedang mereka rasakan, Selain itu, Moms juga bisa membacakan buku cerita agar kosakata yang dimiliki si kecil terus bertambah.

Apa Penyebab Anak Sering Bicara Sendiri? Waspadai Tanda-tanda Ini, Moms!
source: https://funender.com/wp-content/uploads/2019/06/Talk-to-your-kids.jpg
baca juga

Perilaku Aneh yang Perlu Diwaspadai

Walaupun berbicara sendiri merupakan perilaku yang normal dilakukan oleh anak-anak, namun Moms perlu memperhatikan jika muncul tanda-tanda yang tidak biasa, misalnya anak sering bicara sendiri tanpa objek, sering menyebut nama orang yang tidak di kenal, dan berteriak ketakutan. Jika hal tersebut terjadi pada si kecil, bisa saja ia sedang berbicara dengan teman khayalannya. 

Apa Penyebab Anak Sering Bicara Sendiri? Waspadai Tanda-tanda Ini, Moms!
source: https://www.educationalplaycare.com/wp-content/uploads/2017/09/talking-to-your-children-about-bullying-811x541.jpg

Demikian beberapa informasi mengenai anak yang sering berbicara sendiri. Semoga bermanfaat Moms!