1. Nasi Putih

1. Nasi Putih

Tak hanya orang Indonesia yang memiliki slogan 'belum makan kalau tidak makan nasi' di beberapa negara Asia lainnya seperti Jepang, slogan tersebut kerap diterapkan. Tak heran memang, karena nasi juga merupakan makanan pokok di negara tersebut. Faktanya, orang Jepang memiliki porsi nasi putih lebih banyak dibandingkan orang Indonesia seperti kita. Hal ini dikarenakan aktivitas mereka yang serba harus cepat dan efisien sehingga mereka membutuhkan energi lebih banyak.

2. Sup Miso

2. Sup Miso

Sudah tahu dong kalau sup miso adalah sup paling dasar dari Jepang. Sup miso ini sangat sederhana Moms, hanya berisikan tahu putih ditambah rumput laut dan irisan daun bawang dengan kuah khas dari kedelai fermentasi. Bagi sebagian negera Asia seperti Jepang dan Korea, menambahkan sup pada setiap makanan sangat penting untuk melancarkan pencernaan dan menghangatkan tubuh. Tak heran sup ini selalu ada dalam menu sarapan Jepang.

baca juga

3. Tamagoyaki

3. Tamagoyaki

Protein pertama yang selalu ada yaitu telur. Biasanya masyarakat Jepang menyantap telur dengan dua cara yaitu langsung (telur mentah) atau dijadikan telur gulung (tamagoyaki). Alih-alih hanya telur gulung polos, kini tamagoyaki lebih banyak dikreasikan dengan sayur agar anak-anak tidak kesulitan saat makan sayur. Tamagoyaki ala jepang ini sangat lembut dan gurih karena biasanya dicampurkan dengan beberapa sendok susu sapi cair. Bisa dicoba nih, Moms.

4. Ikan Salmon

4. Ikan Salmon

Jepang dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah, tak heran kalau ikan selalu dikonsumsi oleh masyarakat Jepang, salah satunya ikan salmon. Biasanya dalam menu sarapan, ikan salmon hanya dikukus atau dipanggang dengan sedikir tambahan bumbu. Dengan cara memasak yang sederhana itu bertujuan agar rasa asli dari ikan salmon tetap terasa dan kandungan gizinya tetap terjaga.

baca juga

5. Nori

5. Nori

Makanan khas Jepang sangat identik dengan nori. Biasanya nori digunakan untuk bahan dasar sushi. Namun ternyata, nori memang bagaikan hidangan pelengkap yang menambah cita rasa pada makanan. Selain itu nori kaya akan serat yang baik untuk pencernaan sehingga orang Jepang tidak pernah melewatkan untuk menyantap nori setiap harinya. Biasanya nori dijadikan sebagai taburan di atas nasi panas atau campuran sup.

6. Natto

6. Natto

Hidangan pelengkap lainnya yang selalu ada dalam menu sarapan Jepang yaitu Natto. Natto sendiri adalah makanan tradisional Jepang berupa biji kedelai yang difermentasi. Natto sangat kaya akan probiotik hasil fermentasi. Sebenarnya, natto ini makanan yang tidak sengaja dibuat. Namun karena rasanya lezat membuat natto menjadi makanan favorit di Jepang. Bahkan natto disebut-sebut sebagai pesaing keju di Jepang. Wah luar biasa ya, Moms.