Apa sih Nasi Shirataki?

Apa sih Nasi Shirataki?

Konon, nasi shirataki ini sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Ya, nasi shirataki ini memang berasal dari Jepang. Berbeda dari jenis beras biasanya, beras shirataki ini berbahan dasar iles-iles atau umbi-umbian yang hanya bisa ditemukan di tengah hutan. Biasanya orang Jepang zaman dahulu mengkonsumsi umbi ini sebagai pengganti nasi. Selain dijadikan nasi, iles-iles ini juga di olah menjadi mie yang nyaris sama tidak memiliki kalori.

Tak heran kalau nasi atau mie shirataki ini sangat baik untuk dijadikan pengganti nasi bagi yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Tentunya, sangat keto-friendly. Bahkan karena kandungan kalorinya yang nyaris nol, nasi ini disebut-sebut sebagai miracle-rice. Bukan hanya untuk pelengkap saat program diet, bagi penderita diabetes juga nasi ini bisa dijadikan pilihan. Banyak sekali manfaatnya Moms.

Kini, tak perlu bingung dan jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati nasi ajaib ini, ada banyak kok toko organik yang menjual nasi/beras shirataki ini. Meskipun harganya lebih mahal dibanding beras putih biasa, tapi apa salahnya jika lebih sehat. Yuk mulai hidup sehat!

Cara Memasak Nasi Shirataki

Cara Memasak Nasi Shirataki

Hampir sama dengan beras biasanya, beras shirataki dapat dimasak menggunakan penanak nasi jika Moms membeli beras shirataki kering. Tak hanya dalam bentuk kering, shirataki juga dijual dalam kondisi matang. Moms hanya perlu mencuci kemudian merebua sebentar hingga butirannya lebih lembut. Setelah menjadi nasi, nasi shirataki ini bisa dimasak sesuai keinginan seperti nasi goreng hingga nasi kebuli sekalipun.

Ada banyak kreasi nasi shirataki yang bisa Moms buat, jadi tidak usah bingung. Bagaimana dengan rasanya? Rasa nasi shirataki nyaris sama dengan nasi putih, sehingga Moms tidak perlu beradaptasi yang berlebihan saat mengkonsumsi nasi ajaib ini.