Lalu, apa itu clean eating? Clean eating sebenarnya bukanlah suatu diet, tapi lebih mengarah ke metode makan sebagai gaya hidup dengan mengurangi atau sama sekali menghindari bahan makanan yang dikonsumsi yang mengandung garam, gula, perasa, pewarna, pengawet, berlemak dan berminyak, ataupun yang berpestisida. Jadi, makanan yang dikonsumsi diharuskan yang alami dan sebisa mungkin tanpa proses memasak yang lama.

Apa Itu Clean Eating Diet? Cari Tahu Manfaatnya Yuk!

Metode clean eating ini lebih menekankan mengkonsumsi sayuran, buah segar, dan makanan yang berkarbohidrat kompleks. Namun, tidak dilarang pula mengkonsumsi daging merah serta produk hewani lainnya (ayam, ikan, dan telur) dengan proses memasak yang sehat seperti dikukus, rebus, dan panggang.
 
Cara memulainya adalah dengan makan dalam porsi kecil 5-6 kali sehari agar gula darah tetap stabil. Selain itu, setiap harinya cukup minum air putih minimal 8 gelas sehari. Dalam menerapkan diet ini Moms perlu menghindari semua makanan manis (gula, roti, kue, cake, permen, tepung putih, nasi putih), makanan berlemak jahat dan trans fat, soda, minuman tinggi kalori yang berasal dari gula, serta makanan yang mengandung kalori tinggi, misalnya junk food dan gorengan.

Apa Itu Clean Eating Diet? Cari Tahu Manfaatnya Yuk!

Setelah tubuh terbiasa menerapkan pola clean eating ini, maka akan ada banyak manfaat clean eating yang bisa Moms rasakan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak tentang ulasan manfaat diet ‘makan bersih’ di bawah ini!
 
Metode Diet Ini Menyehatkan Jantung
Sayur dan buah adalah makanan sehat yang kaya kandungan gizi, seperti vitamin C yang baik untuk kesehatan dinding pembuluh darah. Sehingga, ini bisa menyehatkan jantung, menurunkan risiko penyakit stroke, hipertensi, dan juga kolesterol tinggi.
 
Dapat Membuat Tubuh Lebih Berenergi
Tubuh akan lebih produktif dan berenergi setelah mengkonsumsi makanan yang tidak melalui terlalu banyak proses pengolahan, karena nutrisi dari makanan utuh seperti enzim, serat, vitamin, dan mineral tidak terlalu banyak hilang. Lain halnya dengan produk olahan pabrik yang cenderung tinggi gula, garam, pengawet, serta karbohidrat sederhana. Nutrisi yang masih lengkap tersebut akan memberikan asupan energi pada sel-sel tubuh untuk berfungsi dengan lebih baik.

baca juga
Apa Itu Clean Eating Diet? Cari Tahu Manfaatnya Yuk!

Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Makanan sehat seperti gandum utuh, kacang-kacangan mentah, sayuran berdaun hijau tua, jus ceri, serta ikan dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sehingga sangat baik bagi Moms yang memiliki masalah insomnia.
 
Clean Eating Bisa Menyehatkan Kulit, Rambut, dan Kuku
Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran segar, salmon dan kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan kulit. Kulit dapat memancarkan kilau alaminya. Wajah pun bisa terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Selain berefek bagus untuk kulit, tentunya hal yang sama juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut dan kuku.
 
Memiliki Manfaat Dapat Mencegah Kanker
Diet sayur dan buah yang kaya akan antioksidan dan nutrisi dapat menurunkan risiko kanker. Sedangkan, bila mengkonsumsi makanan dalam kemasan dan olahan pabrik dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko kanker. Maka dari itu, perbanyaklah makan brokoli, kale, tomat, ataupun makanan sumber antioksidan lainnya untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap radikal bebas penyebab penyakit kanker.
 
Jadi, Moms setelah tahu banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dengan menerapkan pola diet ‘makan bersih’ ini, tidakkah Moms tertarik untuk mencobanya? Ini demi kesehatan yang lebih baik di masa depan lho, Moms.