Reaksi Terhadap Alergi

Muncuknya bercak putih pada kuku dapat terjadi sebagai bentuk reaksi alergi terhadap penggunaan cat kuku, produk pengeras kuku atau bahkan pemakaian aseton / penghilang cat kuku. Selain itu, penggunaan kuku akrilik atau gel juga dikatakan dapat merusak kuku asli serta menimbulkan bercak putih pada kuku tersebut.

Putih-Putih Pada Kuku, Apa Penyebabnya?
source: https://parenting.firstcry.com/

Kekurangan Zat Besi

Penyebab munculnya bercak putih pada kuku yang lain adalah kurangnya asupan zat besi. Zat besi sendiri merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan sebagai asupan nutrisi tubuh. Nah, kekurangan zat besi dapat ditandai dengan adanya bercak atau garis putih pada kuku. Untuk itu, perbanyaklah asupan makanan yang mengandung zat besi seperti daging, bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Putih-Putih Pada Kuku, Apa Penyebabnya?
source: https://www.rd.com/
baca juga

Kekurangan Protein

Selain kekurangan zat besi, bercak putih pada kuku dapat menjadi tanda seseorang kekurangan asupan protein. Kekurangan protein pada seseorang biasanya akan memunculkan bercak berbentuk garis yang dikenal sebagai garis Muehrcke dengan bentuk dan horizontal (melintang) di satu atau dua kuku. Biasanya bercak ini tidak akan bergerak naik meskipun kuki sudah tumbuh lebih panjang. Bercak putih tersebut dapat hilang saat kadar asupan protein dalam tubuh kembali mencukupi kebutuhan.

Putih-Putih Pada Kuku, Apa Penyebabnya?
source: https://www.nhs.uk/

Kekurangan Kalsium

Terakhir, bercak putih pada kuku ternyata juga dapat menjadi tanda bahwa seseorang kekurangan asupan kalsium. Untuk menghilangkannya, seseorang perlu untuk menambah konsumsi makanan tinggi kalsium, seperti susu, keju, sumsum tulang sapi, yogurt, bayam, kangkung, ikan salmon, kacang-kacangan, serta beragam biji-bijian.

Putih-Putih Pada Kuku, Apa Penyebabnya?
source: https://www.bundoo.com/
baca juga


Cara Mengatasi Bercak Putih Di Kuku

Nah, jika Mommy merasa bercak putih di kuku benar-benar mengganggu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Selain dengan mengkonsumsi asupan-asupan di atas, Mommy juga dapat menggunakan pelembap pada jari-jari sekitar kuku. Pasalnya, menjaga tingkat kelembapan jari tangan dan kaki adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Gunakan pelembap tangan atau hand cream dengan kandungan vitamin E pada area sekitar jari-jari dan kuku.

Putih-Putih Pada Kuku, Apa Penyebabnya?
source: http://www.news.de/


Itulah beberapa informasi seputar bercak putih pada kuku. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.