1. Ingatan yang Kuat

Tanda pertama yang dapat menjadi ciri-ciri bahwa seorang anak memiliki IQ yang tinggi adalah kemampuannya dalam mengingat yang sangat baik. Ingatan merupakan hal yang sangat penting bagi anak-anak dalam belajar dan menyimpan informasi baru. Ingatan yang baik ini akan berperan tidak hanya dalam proses belajar, tetapi dalam kehidupan sehari-harinya seperti saat akan mengambil sebuah keputusan.

5 Ciri Anak dengan IQ Tinggi, Adakah Salah Satunya di Anak Moms?
source: https://says.com/

2. Keterampilan Membaca Dini

Selain itu, kemampuan anak dalam mengingat huruf, mengeja kata, hingga membaca juga dapat menjadi tanda seorang anak memiliki IQ yang tinggi. Berdasarkan penelitian, anak-anak yang sangat cerdas akan mulai bisa membaca dan mengenali bentuk-bentuk huruf sebelum memasuki usia empat tahun. Di sisi lain, anak-anak lainnya kebanyakan akan memulai kemampuan membaca pada usia enam atau tujuh tahun. Perlu diketahui juga, pada dasarnya ada banyak tahapan membaca. Anak-anak harus belajar mengenali dan memahami kata-kata sebelum akhirnya dapat mulai membaca sendiri. Beberapa anak menemukan kesenangan tersendiri saat membaca. Inilah yang kelak menumbuhkan kenyamanan dan ketagihan saat membaca. Tidak heran jika ia akan tumbuh menjadi seseorang yang cerdas.

5 Ciri Anak dengan IQ Tinggi, Adakah Salah Satunya di Anak Moms?
source: https://www.learningliftoff.com/
baca juga

3. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan sejalan dengan berkembangnya kecerdasan seorang anak. Anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi akan membuat anak mengajukan banyak pertanyaan. Secara tidak langsung, ini menunjukkan bagaimana ia memiliki keinginan bawaan yang tinggi untuk belajar. Mereka akan cenderung mencari peluang untuk belajar di mana pun mereka berada. Tidak heran jika anak akan semakin mengembangkan pikiran dan kecerdasan mereka.

5 Ciri Anak dengan IQ Tinggi, Adakah Salah Satunya di Anak Moms?
source: http://sciencenordic.com/

4. Kemampuan Musik

Banyak penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan bermusik dan kecerdasan seseorang. Itulah sebabnya di masa taman kanak-kanak, anak akan mendapatkan banyak sekali paparan lagu, irama, dan musik dalam penyampaian materi belajarnya. Dengan kata lain, penting bagi orang tua untuk memaparkan anak-anak mereka pada musik sejak usia dini meskipun mereka tidak memiliki bakat musik tertentu. Pasalnya, penelitian juga menunjukkan bahwa pelatihan musik berdampak pada perkembangan kemampuan otak dan melatihnya dalam berpikir kreatif.

5 Ciri Anak dengan IQ Tinggi, Adakah Salah Satunya di Anak Moms?
source: https://www.psychologicalscience.org/
baca juga

5. Sering Bicara dengan Orang Dewasa

Anak-anak dengan kecerdasan tinggi biasanya sering digambarkan sebagai "orang dewasa kecil" karena kedewasaan yang tumbuh lebih awal. Pasalnya, anak-anak dengan IQ tinggi akan lebih sadar tentang apa yang sedang terjadi sehingga dapat dengan baik mengimbangi obrolan orang dewasa. Bahkan, anak yang sangat cerdas mungkin akan tampak lebih nyaman mengobrol dengan orang dewasa daripada bermain dengan anak-anak lain. Menikmati percakapan dan berbicara tentang berbagai mata pelajaran juga merupakan tanda kecerdasan pada anak-anak.

5 Ciri Anak dengan IQ Tinggi, Adakah Salah Satunya di Anak Moms?
source: https://www.abcnews.com/


Itulah beberapa tanda anak-anak yang memiliki IQ tinggi. Meskipun begitu, Mommy harus ingat bahwa tingkat IQ bukanlah satu-satunya penentu kesuksesan seorang anak. Ada banyak kecerdasan lain yang juga mungkin dimiliki seorang anak.