Peluk dan Mencium Tangan

"Tidak mengapa seorang wanita mencium tangan suaminya, dan itu termasuk pergaulan yang baik. Dan ia diberikan pahala atasnya baik faktor yang mendorong untuk melakukannya karena faktor ketaatan maupun faktor syahwat, dan hanya Allah saja yang Maha Mengetahui”, bunyi Fatwa Islam No : 289060.

Nah, dari fatwa tersebut jelas bahwa mencium tangan suami dapat memberi pahala bagi seorang istri. Selain itu, mencium tangan suami dapat menjadi keeratan komunikasi suami dan istri. Namun kebiasaan ini kadang semakin pudar seiring dengan usia pernikahan. Jangan sampai hal itu terjadi pada Moms dan suami ya.

Jaga Komunikasi dengan Suami, Pertahankan Kebiasaan Ini Seumur Hidup

Mendoakan Suami

Doa seorang istri adalah doa yang mustajabah. Jika saat suami berangkat kerja dengan keikhlasan dan keridhoan dari istrinya maka, terbukalah pintu-pintu rezeki untuknya di hari itu dan di hari-hari berikutnya. Sebagaimana hadis yang berbunyi:

“Sesungguhnya doa yang segera dikabulkan adalah doa seorang istri kepada suaminya yang tidak berada di tempat yang sama atau saling berjauhan.” (HR. Tirmidzi). 


Untuk itu Moms, tatkala pasangan meminta izin kepada selayaknya istri sebaiknya mendoakan suami yang terbaik. Sehingga suami pulang dengan membawa hasil yang lebih baik. Terlihat sepele dan kadang dianggap tidak penting. Padahal kebiasaan ini sangat baik dipupuk dalam kehidupan rumah tangga hingga tua.
 
Minta Maaf Sebelum Tidur

Secara psikologi kebiasaan memaafkan orang sebelum tidur dapat menyehatkan mental lho Moms. Nah, selaku pasangan yang yang hidup bersama, tentu suami dan istri tak luput dari kesalahan. Karenanya meminta maaf terhadap pasangan sebelum tidur sangatlah penting.

Mungkin sepanjang hari ada saja hal yang membuat jengkel atau saling beda pendapat. Kadang tidak sadar kata-kata buruk atau perbuatan tidak pantas terjadi antar pasanga. Dengan saling meminta maaf sebelum tidur, suami istri akan merasa mendapat support satu sama lain, sehingga keesokan harinya dapat menjalani hari lebih bahagia.

Jaga Komunikasi dengan Suami, Pertahankan Kebiasaan Ini Seumur Hidup

Memuji Suami

Menurut psikolog perkawinan, dr. Yati Utoyo Lubis, antara suami-istri harus bisa mengungkapkan hal-hal positif yang dimiliki pasangannya. Cara ini dinilai efektif untuk memberi rasa percaya diri pada pasangan.

Jika Moms memuji suami, maka pasangan akan menjadi tahu apa yang menjadi kelebihan dirinya, merasa dicintai dan dihargai, serta akan terdorong mencari kelebihan istrinya juga. Maka tidak akan muncul rasa saling membenci.
 
Makan Sepiring Berdua

Makan sepiring berdua bisa jadi kebiasaan lain yang dapat Moms lakukan untuk berkomunikasi lebih dekat dengan suami. Sebab ketika Moms makan, fokus utama adalah makanan dan tentunya teman makan. Nah, pada momen seperti inilah Moms dapat berlama-lama mengobrolan seru atau bercerita dengan lemah lembut tentang perasaan dan keseharian. Hal itu pasti akan sangat membahagiakan.

Moms kebiasaan yang di contohkan tadi adalah bentuk komunikasi yang dapat mengembangkan rasa cinta yang besar antar pasangan. Karena rasa cinta yang ada lama-kelamaan bisa pudar bila tidak dijaga dengan baik. Nah, mulai saat ini awali menjaga rasa cinta itu dengan berkomunikasi yang baik dengan pasangan ya, agar hubungan makin harmonis.