1. Jangan Lupa Ajak Anak Bermain Bersama

Di usia 1 tahun, si kecil sudah bisa melakukan beberapa hal alias kemampuannya berkembang banyak. Misalnya sudah bisa bergerak aktif seperti berjalan dan berlari. Ia akan merasa excited dengan kemampuannya itu, sehingga setiap hari si kecil akan terus bergerak aktif dan enerjik.

Nah, untuk menstimulasi agar perkembangannya makin optimal, maka ajaklah si kecil untuk bermain aktif. Lakukanlah permainan simpel misalnya berlari-lari bersama, bermain memukul drum, bermain telepon mainan dan lain-lain. Beberapa permain itu, akan melatih kemampuan si kecil untuk berkembang lebih baik. 
 

source: http://www.tumblehouse.in



 

baca juga

2. Latih Kemampuan Bicara Anak

Perkembangan bahasa setiap anak berbeda-beda, namun di usia 1 tahun setidaknya si kecil sudah bisa mengucapkan, "Ba...ba...ba...," dan sebagainya. Nah, jangan pernah berhenti untuk memancing agar kemampuan bahasanya berkembang secara sempurna ya, Moms.

Kamu bisa mengajak si kecil mengobrol sederhana, ataupun menunjuk pada benda dan menyebut nama benda tersebut. Selain itu, sering-seringlah menyanyikan lagu untuk si kecil, agar ia menirumu bernyanyi. Lewat nyanyian, maka kemampuan bahasa di kecil akan berkembang pesat. 
 

source: https://www.shutterstock.com



 

3. Mengatasi Tantrum

Karena usianya makin bertambah dan kemampuannya makin berkembang, maka anak akan jadi lebih mudah mengekspresikan hal yang dirasakannya, misalnya saat tantrum. Kemungkinan tantrumnya lebih parah daripada biasanya, karena ia sudah bisa banyak bergerak dan berbicara.

Mungkin kamu merasa frustasi melihat tingkah laku anak ini. Tapi, jangan sampai kamu dibuat kewalahan dan tidak bisa menghadapinya ya, Moms. Hadapi tantrum anak dengan perasaan tenang dan sabar. Mengertilah bahwa tantrum merupakan salah satu bentuk ekspresi anak dan harus kamu hadapi dengan penuh kesabaran. 
 

source: http://www.independent.co.uk



 

baca juga

4. Makan Bersama

Di usia 1 tahun, anak sudah bisa melahap makanan yang sama dengan yang dimakan keluarga sehari-hari. Nah, saat itu biasakan anak untuk ikut makan bersama di meja makan. Tentunya enggak perlu kamu suapi. Biarkan ia menghabiskan makanannya sendiri. Cara ini bermanfaat untuk membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri. 
 

source: http://www.trailsnail.com



 

5. Harus Konsisten

Tips mengasuh anak usia 1 tahun selanjutnya adalah upayakan pola asuhmu selalu konsisten. Saat anak berusia 1 tahun, kecerdasannya semakin berkembang, sehingga ia otaknya mudah merekam hal-hal yang terjadi kepadanya.

Oleh karena itu, usahakan kamu selalu mendidik anak dengan konsisten alias tidak plin-plan. Apabila kamu plin-plan, maka anak akan bingung sehingga ia akan mengingat bahwa orangtuanya bukanlah orang yang konsisten. 
 

source: https://www.babycenter.com