Anak Menjadi Lebih Kreatif

Jika si kecil memiliki sedikit mainan di rumah, itu artinya mereka hanya akan menggunakan mainan yang ada untuk bermain. Walaupun awalnya mereka akan bosan dengan tidak adanya mainan, tapi lama kelamaan mereka akan berimajinasi sendiri dan kemudian membuat mainan yang mereka inginkan menggunakan mainan yang ada. Dengan begitu, imajinasi anak akan terus berkembang dengan baik.

Semakin Sedikit Mainan di Rumah Membuat Anak Makin Kreatif, Masa Sih?
source: https://d3mw6k1m1fi1qr.cloudfront.net/59f3a6bdc93d3XPMHTz7g5b2w61nh-Wah7Smp-pz_F-dNm-8py_600.jpg

Anak Belajar Menghargai dan Menjaga Benda 

Bisakah Moms membayangkan apa yang akan terjadi jika si kecil memiliki banyak sekali mainan di rumah? Biasanya, jika terlalu banyak maka si kecil tidak akan terlalu memperhatikan mainan apa saja yang mereka miliki. Sebaliknya, jika mereka hanya memiliki sedikit mainan, mereka akan lebih menjaga dan menghargai mainan yang mereka miliki.

Semakin Sedikit Mainan di Rumah Membuat Anak Makin Kreatif, Masa Sih?
source: https://www.becomingminimalist.com/wp-content/uploads/2010/08/how-to-declutter-toys.jpg
baca juga

Anak Menjadi Semakin Akrab dengan Aktivitas Membaca, Menulis, dan Seni

Membaca, menulis, dan melakukan aktivitas seni lainnya bisa menjadi pilihan jika tidak ada mainan di rumah. Jika si kecil merasa bosan karena sedikit mainan yang dimilikinya, Moms bisa mengarahkan si kecil untuk melakukan aktivitas lain, misalnya menggambar. Berikan alat gambar dan kertas kosong untuk mereka berkreasi. Membaca buku juga bisa menjadi salah satu alternatif pengganti mainan.

Semakin Sedikit Mainan di Rumah Membuat Anak Makin Kreatif, Masa Sih?
source: https://philmckinney.com/wp-content/uploads/2014/12/iStock_000002309479Medium-760x506.jpg

Kemampuan Sosial Anak Berkembang dengan Baik

Jika tidak ada mainan yang bisa dimainkan, maka si kecil akan mencari aktivitas lain. Ajaklah si kecil berdialog. Hal tersebut dapat membantu si kecil mengembangkan hubungan sosial dengan lingkungan sekitar. Jika diperlukan, ajak si kecil bertemu dengan teman sebayanya untuk bermain, agar si kecil bisa terus melatih hubungan interpersonalnya dengan orang lain.

Semakin Sedikit Mainan di Rumah Membuat Anak Makin Kreatif, Masa Sih?
source: https://keyassets-p2.timeincuk.net/wp/prod/wp-content/uploads/sites/53/2016/10/children-playing.jpg
baca juga

Anak akan Semakin Dekat dengan Alam

Bermain diluar bisa menjadi pilihan yang baik sebagai pengganti bermain dengan mainan di rumah. Saat si kecil diberi mainan, makan ia akan terus berkutat dengan mainannya di dalam rumah. Lama kelamaan si kecil bisa merasa bosan atau terus merasa aman dan nyaman di dalam rumah. Ajak si kecil bermain diluar untuk mengenalkan alam lebih jauh lagi. Jika memungkinkan, ajak mereka berkunjung ke taman bermain outdoor atau kebun binatang.

Semakin Sedikit Mainan di Rumah Membuat Anak Makin Kreatif, Masa Sih?
source: https://www.vivobarefoot.com/userdata/root/images/blog/kids-less-toys-more-play/kids_less_toys_blog_image_7.jpg

Demikian beberapa manfaat memiliki sedikit mainan untuk si kecil. Semoga bermanfaat Moms!