Dan ada beberapa hal yang harus moms perhatikan tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat proses persalinan supaya kondisi calon ibu dan bayi baik-baik saja. Dalam vlog terbaru Fitri Tropica, Shireen Sungkar berbagi tentang tips melahirkan sekaligus membongkar kesalahan adegan melahirkan dalam sinetron. 

Kesalahan Fatal Melahirkan di Sinetron Versi Shireen Sungkar, Plus Tips Melahirkan!
source: https://www.instagram.com/fitrop

Kesalahan Melahirkan di Sinetron Versi Shireen Sungkar

Dalam vlog tersebut Fitrop meminta Shireen menceritakan adegan berbahaya seperti apa yang harus dilakukan Shireen dalam sinetron Cinta Fitri. Kemudian Shireen mengungkapkan jika dirinya harus terjun ke jurang kemudian hanyut di sungai daerah Bogor sampai tubuhnya baret-baret.

Ia juga menambahkan bahwa adegan melahirkan yang ada di sinetron Indonesia itu berbalik 180 derajat dengan proses melahirkan dalam dunia nyata. 

Kesalahan Fatal Melahirkan di Sinetron Versi Shireen Sungkar, Plus Tips Melahirkan!
"Jadi gini, ini kesalahan di sinetron ya. Kalau di sinetron, melahirkan tapi posisi ngeden sambil merem. Yang ada pecah mata kita, pusing," ungkap Shireen. "Kalau di sinetron kan harus mendramatisir ya, kadang ngedennya sampai gimana gitu, yang ada ditabok bidan bu," jelasnya.
source: https://www.youtube.com/watch?v=OlqnpIUKOEk
baca juga

Ryana Dea yang juga hadir dalam sesi vlog tersebut juga ikut membenarkan pernyataan Shireen. 

"Pokoknya udah kebanyakan teriak-teriak, nangis (sinetron), padahal kan aslinya gak boleh. Harus tenang. kalau teriak, nangis itu ngehabisin energi kan, kitanya juga belum tentu kuat pas ngeden," tutur Ryana. 

"Belum tentu sekali dua kali ngeden langsung lahir. Gue dulu ngeden dua jam bu, gak keluar-keluar anak gue sampai pecah pembuluh darah," lanjut Ryana Dea. 

Kesalahan Fatal Melahirkan di Sinetron Versi Shireen Sungkar, Plus Tips Melahirkan!

Tips Melahirkan ala Shireen Sungkar

Selain menjelaskan kesalahan proses melahirkan di sinetron, Shireen juga menjelaskan beberapa tips yang bisa moms coba saat melahirkan nanti. 

Pertama, jangan memejamkan mata ketika proses persalinan berlangsung. "Kalau yang bener kan diusahakan gak boleh merem, karena itu bikin kita pusing. Dan takutnya kalau merem itu pembuluh darah di mata bisa pecah." ungkap Shireen. 
Kesalahan Fatal Melahirkan di Sinetron Versi Shireen Sungkar, Plus Tips Melahirkan!
source: https://www.instagram.com/shireensungkar
baca juga

Kedua, saat “ngeden” usahakan moms melihat pada satu titik fokus. "Udah gitu, pas ngeden kita diarahkan ngelihat di kaki biasanya. Yang pasti satu titik. Fokus, dan pas mulai dihitung satu dua tiga, gak boleh ngangkat pantat bu." jelas Shireen.

Mendengar penjelasan tersebut Fitrop, merasa terkejut. "Oh gak boleh?"

"Takutnya sobek," pungkas Shireen.

Kesalahan Fatal Melahirkan di Sinetron Versi Shireen Sungkar, Plus Tips Melahirkan!
source: https://www.instagram.com/shireensungkar

Ketiga, jangan terlalu banyak berteriak atau menangis seperti di sinetron karena bisa menghabiskan energi. Harus lebih tenang, rileks, dan perbanyak oksigen yang masuk ke tubuh supaya lebih banyak energi untuk mengeluarkan calon bayi.

Selama melahirkan ketiga anaknya, Shireen memang menjalani proses persalinan normal tanpa operasi moms. Jadi bisa dibilang dong kalau Shireen ini cukup pengalaman soal persalinan normal. Semoga tips dari Shireen ini membantu ya, moms!