Penyebab Rambut Berketombe

Untuk mengatasi ketombe yang mengganggu, Moms harus tahu dulu apa penyebab rambut berketombe. Dengan begitu Moms bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan munculnya ketomba. Apa saja penyebabnya?

  • Kulit Kepala Kering, Moms kulit kepala yang kering Kulit bisa menimbulkan kerak tipis-tipis di permukaan kulit kepala jika sampo yang Moms gunakan tidak cocok. Jadi pastikan memilih bahan sampo yang ringan agar tidak menghilangkan minyak alami kulit kepala.
  • Jamur, kulit kepala juga bisa berjamur lho, Moms. Nah, akibatnya kulit kepala akan terasa gatal karena lembab. Hal itulah yang memicu munculnya ketombe akibat jamur bernama Malassezia globosa. Jamur ini akan memproduksi asam oleat sehingga membuat kulit kepala lebih aktif memproduksi sel kulit yang disertai rasa gatal.
Penyebab Rambut Berketombe
source: https://hellosehat.com/
  • Kotoran di kulit kepala, jika Moms sering menggunakan produk styling rambut, ketombe juga akan lebih rentan muncul. Sisa-sisa dari produk perawatan rambut akan tertimbun di kulit kepala sehingga tumpukan kotoran ini akan menimbulkan ketombe.
  • Psoriasis, ketombe juga bisa muncul karena adanya masalah kulit, Moms. Ketika kulit mengalami penyakit gatal kulit psoriasis, produksi sel kulit akan meningkat dan membentuk lapisan yang terasa gatal dan kemerahan. 

Cara Menghilangkan Ketombe

Meski mengganggu, namun ketombe bisa dihilangkan kok Moms. Jadi jangan khawatir, ya. Berikut ini 5 cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami:

Lidah Buaya
Aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak kandungan baik, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe
source: https://lifestyle.kompas.com/

Cara penggunaannya mudah Moms, haluskan daging lidah buaya secukupnya, oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala, pijat dengan lembut agar meresap pada kulit kepala, dan terakhir biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

baca juga

Lemon
Selain lidah buaya, Moms juga bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu. Tidak hanya ampuh menghilangkan ketombe, tapi lemon juga bisa mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara pengaplikasiannya mudah, Moms. Pertama peras buah lemon. Lalu campurkan air perasan lemon dengan air secukupnya. Kemudian oleskan pada rambut. Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala. Terakhir bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe
source: https://www.fourwindsgrowers.com/

Jeruk Nipis
Sama seperti lemon, jeruk nipis juga bisa lho Moms mengatasi ketombe. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin, seperti Vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Jeruk nipis dapat membantu Moms menghilangkan ketombe membandel sekaligus menembalkan rambut.

Cara Menghilangkan Ketombe
source: https://bogor.tribunnews.com/

Cara menggunakannya begini, Moms. Pertama peras buah jeruk nipis. Lalu campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya. Kemudian oleskan pada rambut. Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala. Terakhir bilas dengan air bersih.

baca juga

Minyak Kemiri
Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Jangan salah, Moms. Minyak kemiri tidak hanya membantu menyuburkan rambut, tapi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Cara pengaplikasiannya begini, Moms. Gunakan minyak kemiri sebelum keramas. Lalu biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe
source: https://www.mocoo.id/

Baking Soda
Nggak cuma untuk bikin kue, Moms. Ternyata baking soda bisa lho membantu menghilangkan ketombe. Tapi jangan menggunakannya terlalu sering ya, Moms. Cara menggunakannya mudah, Moms.

  • Siapkan 1/2 sdt baking soda
  • Larutkan dengan air hingga mengental
  • Oleskan secara merata pada kulit kepala
  • Biarkan beberapa saat
  • Bilas dengan air hingga bersih
Cara Menghilangkan Ketombe
source: https://www.healthline.com/

Nah Moms, itu tadi penyebab rambut berketombe dan cara menghilangkannya dengan cara alami. Jangan lupa ya Moms untuk selalu menjaga kebersihan rambut agar rambut sehat bebas ketombe. Semoga bermanfaat, Moms.