Pada masa hamil trimester 2, banyak perubahan yang terjadi pada janin dalam kandungan. Misalnya, seperti detak jantung janin yang sudah mulai terdengar saat pemeriksaan kehamilan, kelamin janin yang semakin berkembang dan gerakan janin dalam kandungan yang mulai dapat dirasakan.

Janin juga sudah mulai peka terhadap rangsangan, sebab bagian otaknya sudah berkembang dengan pesat dan bayi akan semakin aktif dengan menggerakkan tangan serta kaki yang menendang perut ibunya. Kondisi seperti itu tentunya juga akan mempengaruhi keadaan sang ibu.

Tips Kehamilan, Atasi Ketidaknyamanan di Trimester Kedua dengan Cara Ini

Rasa ketidaknyamanan yang muncul diantaranya: fatigue (kelelahan), sakit kepala atau pusing, perubahan payudara, keringat berlebih, peningkatan frekuensi buang air kecil (nocturia), flatulence (keluhan sering buang angin atau kentut), wasir, nyeri punggung, kram kaki, hidung tersumbat, masalah pada gusi, masalah pada kulit, dan lain sebagainya.
 
Bila terjadi keluhan-keluhan diatas, janganlah Moms merasa panik, sebab hal tersebut normal terjadi. Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui faktor penyebabnya dan melakukan cara mengatasi ketidaknyamanan tersebut.

Tips Kehamilan, Atasi Ketidaknyamanan di Trimester Kedua dengan Cara Ini

Cara Mengatasi Ketidaknyamanan Selama Hamil Trimester 2 Berdasarkan Gejala yang Dirasakan

Adapun cara yang dilakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

  • Fatigue (kelelahan): kelelahan terjadi berkaitan dengan peningkatan berat badan yang menyebabkan kesulitan bergerak dan peningkatan kebutuhan metabolism tubuh. Ibu hamil perlu mengurangi beban kerja, istirahat secukupnya, melakukan olahraga ringan, dan memenuhi asupan nutrisi secara tepat.
  • Sakit kepala atau pusing: kondisi ini bisa disebabkan oleh perubahan hormonal, sinusitis, keletihan, tegangan pada mata, perubahan emosional, ataupun karena adanya anemia fisiologis selama kehamilan. Untuk mengatasinya, Moms dapat beristirahat, hindari berdiri terlalu lama, apabila pusing terjadi saat berbaring maka bangun secara perlahan dari posisi tersebut, dan hindari berbaring dalam posisi terlentang. Moms juga harus sebisa mungkin menghindari obat-obatan kimia, kecuali atas resep dokter.
  • Perubahan payudara: Sebaiknya Moms menggunakan bra yang dapat menopang payudara dari bawah dengan tali bra yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar, berbahan katun, dan hindari membersihkan payudara pada area puting dan areola dengan menggunakan sabun. Untuk membersihkan puting dapat mengunakan baby oil, ataupun minyak zaitun.
  • Keringat berlebih: Moms perlu memakai pakaian yang mudah menyerap keringat, tidak terlalu tebal, dan longgar. Untuk menghindari dehidrasi, perbanyak minum air putih.
  • Flatulence (keluhan sering buang angin atau kentut) dan perut kembung: hal ini dapat diatasi dengan melakukan pola makan yang teratur, menghindari makanan yang mengandung gas, berkadar lemak tinggi, minuman bersoda, mengunyah makanan secara sempurna, serta melakukan senam secara teratur.
baca juga
Tips Kehamilan, Atasi Ketidaknyamanan di Trimester Kedua dengan Cara Ini
  • Wasir: untuk mengatasinya diperlukan penangganan terjadinya konstipasi, mandi menggunakan air dingin dan air hangat, bedrest dengan posisi tungkai bawah ditinggikan, serta makan makanan yang berserat dan banyak minum.
  • Nyeri punggung: postur tubuh yang berubah memang sering membuat ibu hamil merasakan nyeri pada punggungnya. Moms perlu untuk menggunakan postur tubuh yang baik, dapat menggunakan kasur yang tidak terlalu empuk, serta menggunakan bantal tambahan ketika tidur agar bisa meluruskan punggung.
  • Kram kaki: Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan latihan dorsofleksi pada kaki dan meregangkan otot yang kram, melakukan olah raga ringan secara teratur dan body mekanik yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengkonsumsi susu dengan kandungan kalsium dan fosfor secara seimbang, menggunakan penghangat untuk otot, perbanyak minum air putih, dan melakukan aktivitas fisik secukupnya.
  • Hidung tersumbat: Penangganan alami dapat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat dengan meneteskan larutan garam ke dalam hidung atau metode alami lainnya yang aman. Bisa pula dengan memasang alat pelembap udara di dalam ruangan.
  • Radang gusi: Moms bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus untuk mengurangi gesekan yang menyebabkan iritasi pada gusi.
  • Masalah pada kulit: Moms harus menghindari paparan sinar matahari secara langsung, atau setidaknya menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Bila kulit merasa gatal atau mengalami guratan dapat mengatasinya dengan memakai pelembab.


Itulah Moms cara-caranya mengatasi ketidaknyamanan selama hamil trimester 2. Semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat ya, Moms.