Oats

Oats

Bagi Moms yang sudah berkecimpung dalam gaya hidup sehat, tentunya sudah tidak asing lagi dong dengan oats. Ya, oat ini berasal dari biji gandum sehingga kaya akan serat dan termasuk karbohidrat kompleks. Tak heran jika oats bisa dijadikan untuk bahan makanan pengganti nasi. Jenis oat pun bermacam-macam tergantung dari proses pengolahannya. Ada yang disebut rolled oat, steel cut-oat dan oat instan. Gimana sih perbedaannya?

Rolled oat, diproses dengan cara dikukus hingga sedikit kenyal lalu digerus agar bentuknya lebih pipih dibanding steel cut-oat. Karena sudah melalui proses pengukusan, rolled oat lebih mudah pemasakannya dan lebih banyak menyerap air.

Steel cut-oat, disebut juga gandum Irlandia. Bentuknya butiran seperti beras karena pada saat proses pengolahannya, seluruh bagian gandum dipotong-potong sehingga bentuknya lebih utuh. Oats jenis ini lebih memerlukan waktu pemasakan yang lama namun teksturnya lebih kenyal.

Oat instan, jenis ini paling banyak ditemukan di Indonesia. Oat jenis ini juga paling banyak melalui proses pengolahan pabrik. Biji gandum dimasak, dikeringkan, digulung lalu ditekan hingga bentuknya lebih pipih dibandingkan rolled oat. Tak heran oats ini sangat cepat untuk dimasak dan teksturnya pun paling halus diantara jenis lainnya.

Muesli

Muesli

Sebenarnya, muesli sudah ada sejak tahun 1800an. Muesli berasal dari Negara Swiss, namun terkenal di Benua Eropa dan Amerika utara.

Muesli terbuat dari campuran rolled oat, biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji semangka, buah-buahan kering seperti kismis dan kacang-kacangan seperti almond dan kacang mede. Tanpa melalui proses pemasakan, muesli ini memang dijual seadanya (oat mentah) namun biji-biji, buah dan kacang-kacangan matang. Oleh karena itu, muesli harus dimasak terlebih dahulu dan sangat cocok untuk dijadikan overnight oatmeal.
baca juga

Granola

Granola

Masih terdiri dari bahan yang sama, granola dibedakan karena telah melalui proses pemanggangan. Tak heran warna dari granola lebih coklat dibandingkan muesli. Berbeda dengan muesli, granola bisa langsung dicemil atau dijadikan sereal tanpa harus didiamkan terlebih dahulu. Granola sangat lezat jika disantap dengan susu cair ataupun yogurt.

Kini, granola lebih banyak kreasinya mulai dari tambahan buah-buahan kering yang lebih beragam bahkan bisa juga ditambah dengan coklat. Ada banyak kreasi granola yang dijual sehingga Moms bisa makan sehat namun tetap menyenangkan.