Penyebab Penyakit Tiroid

Tahukah, Moms? Kadar hormon tiroid terlalu tinggi atau terlalu rendah yang terjadi dalam sebagian besar kasus penyakit tiroid dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah:

  • Masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus di otak.
  • Kelenjar tiroid yang rusak, misalnya karena pajanan radiasi.
  • Pengaruh obat yang mengandung litium (Li).
  • Operasi pengangkatan kelenjar tiroid.
  • Kadar iodin yang berlebihan dalam tubuh.
Penyebab Penyakit Tiroid
source: https://nakita.grid.id/

Jenis Penyakit Tiroid dan Gejalanya

Penyakit tiroid bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Dan yang umum dijumpai saat ini adalah jenis-jenis penyakit tiroid sebagai berikut:

  • Hipotiroidisme, biasanya penyakit tiroid jenis ini terjadi ketika jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit, sehingga tubuh mengalami defisiensi. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita, terutama lansia di atas 60 tahun. Umumnya gejala penyakit tiroid jenis hipotiroidisme ini ditunjukkan dengan konstipasi, kulit kering, lebih sensitif terhadap hawa dingin, kelelahan, lemas, serta kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Hipertiroidisme, jika hipotiroidisme terjadi karena sedikitnya hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Berbeda dengan hipertiroidisme. Penyakit tiroid jenis ini terjadi karena kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan. Biasaya gejala penyakit tiroid jenis ini ditunjukkan dengan dada berdebar, penurunan berat badan yang cepat, banyak berkeringat, gelisah, serta suasana hati yang cepat berubah.
Jenis Penyakit Tiroid dan Gejalanya
source: https://www.beritahidupsehat.com/
  • Gondok, jangan salah ya, Moms. Penyakit gondok juga termasuk dalam jenis penyakit tiroid. Gejala penyakit tiroid yang satu ini ditunjukkan dengan adanya pembengkakan kelenjar tiroid yang terlihat sebagai benjolan di leher. Jika benjolan tersebut sudah menekan tenggorokan atau kerongkongan, bisa terjadi perubahan suara, batuk, kesulitan bernapas dan menelan.
  • Nodul Tiroid, nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang terbentuk dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor jinak atau kista, dan jumlahnya juga bisa lebih dari satu. Nodul tiroid jarang menyebabkan gejala, sehingga umumnya hanya terdeteksi saat penderitanya menjalani pemeriksaan kesehatan umum.
baca juga

Apakah Penyakit Tiroid Dapat Disembuhkan?

Biasanya ketika dokter telah mengetahui bahwa Moms menderita penyakit tiroid, maka dokter akan menentukan pengobatan apa yang sesuai dengan penyakit tiroid. Ada 3 cara mengatasi penyakit tiroid yang bisa dilakukan, yaitu pemberian obat-obatan, terapi ablasi iodium radioaktif, dan prosedur operasi.

Obat-obatan yang diberikan biasanya bertujuan untuk menggantikan hormon tiroid dalam tubuh pada hipotiroid, menurunkan produksi hormon tiroid dalam tubuh pada hipertiroid, dan menghancurkan sel-sel tiroid. Selain itu, pemberian obat-obatan pada penderita penyakit tiroid juga bertujuan untuk mengatasi gejala lain yang timbul pada hipertiroidisme, seperti detak jantung yang meningkat atau dada berdebar.

Apakah Penyakit Tiroid Dapat Disembuhkan?
source: https://miami.cbslocal.com/

Pengobatan melalui operasi biasanya dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid yang membesar atau membentuk benjolan dalam kelenjar.

Tapi tenang, Moms. Sebagian besar penyakit tiroid tidak membahayakan penderitanya kok. Penyakit ini pun dapat dikendalikan melalui penanganan medis. Namun harus tetap segera diatasi, karena jika dibiarkan maka akan menimbulkan risiko menjadi kanker tiroid.

Itu tadi ya Moms sedikit ulasan mengenai penyakit tiroid. Selalu jaga kesehatan ya, Moms.