EQ (Emotional Quotient)

Pentingnya Kecerdasan Emosi Anak, Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
source: https://www.eq4kids.co.za/

EQ atau Emotional Quotient merupakan sebuah aspek kecerdasan yang mengacu pada bagaimana seseorang dapat mengendalikan perasaannya sendiri dan seberapa baik seseorang memiliki rasa empati dan simpati saat berinteraksi dengan orang lain. Tidak bisa dipungkiri, ini adalah keterampilan penting yang harus dimiliki seseorang karena mencakup kesadaran diri, disiplin diri, serta empati pada sesama.


Aspek Kecerdasan Emosi

Pentingnya Kecerdasan Emosi Anak, Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
source: https://stanfield.com/

Pada dasarnya, kecerdasan emosi seseorang ditandai dengan dua hal, yaitu kemampuannya dalam memahami, mengidentifikasi dan mengendalikan perasaan sendiri. Dalam hal ini seseorang akan dapat menjadi lebih rasional dan logis dalam menentukan sebuah solusi atas sebuah permasalahan. Selain itu, ada pula aspek lain yang berkaitan dengan kemampuannya untuk berempati dan menempatkan diri pada kondisi oranglain sehingga dapat merasakan emosi orang lain.

baca juga


Pentingnya Kecerdasan Emosi

Pentingnya Kecerdasan Emosi Anak, Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
source: https://medium.com/

Kecerdasan emosi memiliki peran kunci pada beragam aspek dan bidang kehidupan di mana tidak selalu IQ yang berperan dalam menyelesaikan solusi atas permasalahan, seperti:

  • Bijaksana dalam menentukan keputusan
  • Bergaul dengan orang lain
  • Berteman dan bersosialisasi
  • Memposisikan diri agar nyaman saat berkencan
  • Profesionalitas di tempat kerja


Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak

Pentingnya Kecerdasan Emosi Anak, Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
source: https://www.star2.com/

Ada banyak cara untuk bisa mengembangkan kecerdasan emosi seorang anak. Beberapa diantaranya adalah dengan:

  • Selalu berikan ruang untuk anak dalam mengekspresikan diri dan mengungkapkan perasaannya.
  • Ungkapkan emosi Mommy sendiri pada anak dan ciptakan lingkungan rumah di mana ekspresi emosi bisa diungkapkan dengan baik dan tidak tertahan.
  • Beri tahu anak bahwa Mommy memahami apa yang mereka rasakan, meskipun jika Mommy tidak setuju dengan alasan atau argumentasi anak.
  • Bantu anak dalam mengembangkan kosa kata emosional mereka. Bantu anak untuk mengeksplorasi berbagai cara untuk menggambarkan perasaannya.

Itulah ulasan mengenai pentingnya kecerdasan emosi dalam tumbuh kembang anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat mendorong Mommy agar lebih peka dalam memfasilitasi anak agar dapat mengembangkan kecerdasan emosinya.