Mengapa Bayi Wangi?

Banyak orang suka sekali mencium bayi karena bayi memliki wangi dan aroma yang sangat wangi dan khas. Siapa sangka, aroma wangi yang kuat ini ternyata bukan hanya berasal dari beragam perlengkapan perawatan bayi, tetapi berasal dari badan bayi itu sendiri. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology, para peneliti menemukan bukti yang menunjukkan bahwa aroma bayi yang baru lahir mempengaruhi kerja pada bagian otak tertentu pada wanita.

Kenapa Anak Bayi Wangi? Ini Penjelasan Ilmiahnya, Moms!
source: https://www.today.com/


Wangi Bayi Dapat Mengoptimalkan Kerja Otak

Partisipan dalam penelitian ini menunjukkan adanya aktivitas di area otak yang berhubungan dengan kebahagiaan pada otak. Di sisi lain para wanita yang baru melahirkan dan menghabiskan banyak waktu bersama bayi mereka menunjukkan tanda keaktifan otak yang lebih tinggi pada pusat kesenangan mereka.

Kenapa Anak Bayi Wangi? Ini Penjelasan Ilmiahnya, Moms!
source: https://www.dailymail.co.uk/

Para peneliti percaya aroma bayi itu berperan besar dalam memberikan insentif yang membuat ibu merasakan kesenangan saat merawat bayi yang baru lahir. Dengan kata lain, aroma bayi ini juga memicu relaksasi dan kebahagiaan bagi para ibu dan membantu mengimbangi kelelahan dan kerja keras saat mengasuh bayi di hari-hari awal kelahirannya.

baca juga


Penyebab Badan Bayi Wangi

Kenapa Anak Bayi Wangi? Ini Penjelasan Ilmiahnya, Moms!
source: http://www.theloop.ca/

Jadi, apa menjadi penyebab aroma badan bayi begitu wangi? Tidak bisa dipungkiri, penggunakan bedak bayi dan baby oil  memang berperan dalam memberikan aroma wangi pada tubuh bayi. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bau bayi yang baru lahir itu memang ada secara alami. Beberapa peneliti mengatakan bahwa aroma wangi pada bayi baru lahir dapat disebabkan oleh sisa cairan ketuban, atau vernix caseosa.

Kenapa Anak Bayi Wangi? Ini Penjelasan Ilmiahnya, Moms!
source: https://www.babycenter.com/


Itulah beberapa fakta dan alasan mengapa badan bayi baru lahir begitu wangi dengan aroma yang khas. Jangan heran jika wangi bayi selalu menjadi salah satu aroma idaman karena memang memiliki wangi yang segar, lembut, dan menenangkan. Itulah sebabnya pula parfum bayi begitu ramai dan populer digunakan oleh banyak orang dewasa.