Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Jadi Penyebab Anak Susah Tidur

Anak Takut Tidur Terpisah dari Orangtuanya

Membiasakan anak tidur sendiri sering kali dilakukan orangtua untuk melatih kemandirian anak. Namun, tanpa disadari sebenarnya beberapa anak takut tidur terpisah dari orangtuanya. Dan bila dipaksakan, tentu si kecil akan mengalami kecemasan saat akan tidur terpisah.

Akibatnya, waktu tidur merupakan hal yang menakutkan baginya. Nah,karena itu orangtua harus peka, jangan langsung memaksakan anak tidur sendiri, temani dulu anak hingga tertidur baru meninggalkannya sendiri. Lalukan tidur terpisah ketika anak benar-benar kelah siap menerima kondisi tersebut.

Waktu Tidur yang Salah

Waktu tidur yang salah juga dapat menyebabkan anak sulit tidur lho Moms. Sering kali orangtua sudah menyuruh anaknya untuk tidur pada waktu yang terlalu cepat bagi anak baik pada siang hari atau malam hari. Nah, bila anak diminta untuk tidur sebelum waktunya justru anak akan merasa bosan dan kesulitan tidur. Selain itu, menurut seorang pakar anak bernama Dr. Jodi Mindell mengungkapkan permasalahan pola tidur yang nggak teratur pada anak mempengaruhi tumbuh kembangnya. 

Masalah Pada Ritme Tidur Sirkadian

Ritme sirkadian adalah proses biologis yang berpatokan pada waktu 24 jam yang mempengaruhi sistem tubuh. Ritme sirkadian ini mengatur kapan tubuh anak membutuhkan tidur dan kapan harus bangun. Bila terjadi masalah pada ritme tidur sirkadian maka anak akan sulit untuk memulai tidur.

Untuk mengatasinya Moms bisa menyesuaikan kembali jam biologis anak dengan aktifitas lingkungannya. Misal, biasakan anak keluar rumah pada siang hari kemudian ketika sudah memasuki waktu malam minta anak tidur.

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Jadi Penyebab Anak Susah Tidur

Televisi dan Alat Elektronik Lain

Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa waktu menonton televisi yang terlalu banyak akan membawa masalah lebih tinggi pada waktu tidur, seperti kecemasan dan waktu tidur yang tertunda. Kalau era modern sekarang ini televisi bisa dikatakan bukan hanya satu-satunya alat elektronik yang dapat menyebabkan gangguan tidur pada anak.

Ada juga handphone, video game dan komputer adalah contoh lainnya. Televisi dan alat elektronik lain inilah yang akan membuat anak terus terjaga dan menolak tidur sehingga waktu tidurnya terganggu.

Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan pada anak biasanya terjadi karena rasa takut akan suatu hal, misalnya tempat baru atau anak baru saja bermimpi seram. Nah, bila hal ini terjadi sebaiknya Moms membantu anak mengatasi dengan membuatnya bercerita apa yang sedang dipikirkan serta menemani anak untuk tidur.

Itulah tadi beberapa hal yang menyebabnkan anak sulit tidur ya Moms. Walau terkesan sepele namun proses tidur sangatlah penting bagi buah hati. Yuk, siapkan kondisi tidur yang menyenanngkan agar tubuh kembang buah hati dengan optomal.