Setiap ibu menyusui pasti menginginkan jumlah produksi ASI-nya melimpah sehingga tidak perlu khawatir si kecil akan kekurangan asupan ASI. Di pasaran tersedia beragam produk yang mengklaim bisa menjadi booster sehingga produksi ASI bisa meningkat. Beragam produk tersebut mulai dari susu, teh, hingga suplemen. Tapi moms, untuk bisa mendapatkan ASI booster tak melulu harus membeli produk khusus loh. Moms bisa memperoleh manfaat ASI booster dari beberapa makanan yang bahkan bisa diperoleh dengan harga murah ini.

Murah dan Mudah Didapat, 5 Makanan Super Ini Efektif Jadi ASI Booster

Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi ibu pasca melahirkan. Di dalam bayam terdapat kandungan zat besi yang efektif mengembalikan kadar zat besi tubuh ibu yang baru saja mengalami pendarahan setelah melahirkan. Ibu dengan kadar zat besi yang cukup dalam tubuh juga akan memiliki ASI yang lebih berkualitas. Selain zat besi dalam bayam juga terkandung phytoestrogen yang dipercaya ampuh meningkatkan produksi ASI. 

Bayam
baca juga

Tempe

Jika moms kurang suka mengkonsumsi susu kedelai yang sudah terkenal digunakan sebagai ASI booster, maka bisa menggantinya dengan tempe. Sama-sama mengandung kedelai yang kaya akan karbohidrat dan lemak baik, tempe bisa mengembalikan energi ibu menyusui yang cepat terkuras. Selain itu, kedelai dalam tempe juga mengandung phytoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI serta anti depresan yang akan mencegah ibu terkena baby blues setelah melahirkan.

Tempe

Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran dengan kandungan vitamin A paling banyak. Berkat kandungan vitamin A yang melimpah inilah moms bisa memanfaatkan wortel sebagai ASI booster. Mengkonsumsi wortel secara rutin saat menyusui selain bisa meningkatkan kuantitas ASI juga dapat meningkatkan kualitasnya. Olah wortel dengan beragam cara seperti dikukus, dibuat sop, atau dijus agar tidak bosan dalam mengkonsumsinya.

Wortel
baca juga

Daun Kelor

Daun kelor atau moringa adalah salah satu sayur yang juga disebut super food karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsinya. Selain memiliki beragam manfaat kesehatan seperti menstabilkan tekanan dan gula darah, mengatasi anemia, serta mengatasi masalah malnutrisi, moms juga bisa memanfaatkan daun kelor sebagai ASI booster. Untuk mengolahnya moms bisa menjadikan daun kelor sebagai campuran dalam sayur bening atau membuatnya menjadi jus. 

Daun Kelor

Ubi

Selain memiliki kandungan beta aroten yang ampuh meningkatkan suplai ASI, di dalam ubi juga terdapat magnesium yang efektif membuat moms lebih rileks dan bebas stres. Tak hanya sampai disitu, ubi juga mengandung fosfor, vitamin B1, B2, B6, potasium, serta serat makanan yang pastinya akan meningkatkan kualiatas ASI moms.

Ubi