Seks Pertama Kali Setelah Menikah

Saat setelah menikah, hubungan intim biasanya merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Namun, terkadang malam pertama tidak berjalan sempurna seperti apa yang diharapkan. Biasanya, hal tersebut disebabkan dari pihak wanita yang merasakan nyeri saat akan berhubungan intim. Rasa sakit yang dirasakan saat pertama kali berhubungan intim sangat wajar terjadi. Namun, hal tersebut bisa diatasi agar malam pertama tetap berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Seks Pertama Kali Setelah Menikah
source: https://dc-cdn.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/dc-Cover-6oaakvdfn4g4vgif3i4mj5cuh7-20160626151526.Medi.jpeg

Penyebab Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri saat berhubungan intim yang dirasakan oleh wanita sangat wajar terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh robeknya selaput dara yang meliputi vagina. Selain itu, rasa sakit juga bisa disebabkan karena rasa cemas yang membuat otot vagina menjadi tegang dan tidak elastis. Sedikitnya cairan lubrikasi yang dikeluarkan oleh vagina juga dapat menyebabkan rasa nyeri saat berhubungan intim.

Penyebab Nyeri Saat Berhubungan Intim
source: https://static.toiimg.com/photo/67485625.cms
baca juga

Tips Mencegah Nyeri Saat Berhubungan Intim

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah timbulnya rasa nyeri saat berhubungan intim:

Santai

Rasa khawatir akan rasa sakit yang muncul saat berhubungan akan membuat vagina terasa nyeri saat penetrasi. Agar vagina elastis dan menghasilkan banyak cairan lubrikasi, sebaiknya hubungan intim dijalankan dengan santai dan tidak tergesa-gesa.

Tips Mencegah Nyeri Saat Berhubungan Intim
source: https://cdn.cnn.com/cnnnext/dam/assets/180221173729-01-couple-bed-sex-stock-super-tease.jpg
baca juga

Bicarakan dengan Pasangan

Apabila muncul rasa sakit atau nyeri pada vagina, sebaiknya bicarakan dengan pasangan. Selain itu, Moms harus mengkomunikasikan segala hal yang membuat nyaman dan tidak nyaman kepada pasangan agar hubungan seks bisa berjalan dengan lancar dan memuaskan satu sama lain.

Tips Mencegah Nyeri Saat Berhubungan Intim
source: https://imgcdn.mommiesdaily.com/2017/07/Cara-Agar-Sesi-Mesra-Mesraan-Lebih-Nikmat-mommiesdaily.jpg

Foreplay Lebih Lama

Foreplay atau pemanasan adalah hal yang penting dilakukan saat berhubungan intim sebelum penetrasi seksual. Foreplay dilakukan dengan cara memberikan rangsangan terhadap pasangan, bisa dengan cara mencium, memeluk, atau oral seks. Foreplay yang tepat dan lama dapat membuat vagina mengeluarkan cairan lubrikasi yang banyak sehingga membuat hubungan seksual menjadi lebih nyaman.

Tips Mencegah Nyeri Saat Berhubungan Intim
source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2018/09/cd30a780b1ca07ee762203039131c084.jpg

Ubah Posisi Seks

Jika rasa nyeri masih tetap muncul, Moms bisa mencoba untuk mengubah posisi seks. Posisi yang disarankan yaitu posisi atas. Karena berada di posisi atas bisa membantu Moms untuk mengontrol gerakan penetrasi, seberapa dalam yang membuat berhubungan menjadi lebih nyaman.

Tips Mencegah Nyeri Saat Berhubungan Intim
source: https://awsimages.detik.net.id/visual/2017/05/23/03f577c3-07a9-42c7-82f5-91264c01f1e4_169.jpg?w=650

Gunakan Pelumas

Kurang cairan lubrikasi menjadi salah satu penyebab yang paling utama timbulnya rasa nyeri pada vagina saat berhubungan seksual. Untuk mengatasi hal tersebut, selain dengan melakukan foreplay yang tepat dan lebih lama, Moms bisa mencoba menggunakan cairan pelumas untuk membuat vagina agar lebih licin, sehingga tidak nyeri saat terjadi penetrasi. Gunakan pelumas yang tepat. Jika diperlukan, konsultasikan dulu ke dokter pelumas apa yang cocok untuk digunakan.

Tips Mencegah Nyeri Saat Berhubungan Intim
source: https://hips.hearstapps.com/hmg-prod.s3.amazonaws.com/images/701/p-1-gel-for-your-penis-1515506402.jpg?resize=480:*

Demikian beberapa tips untuk mencegah rasa nyeri saat berhubungan seksual. Semoga bermanfaat ya!