1. Cek Bagian Mata Bayi

Cara mudah dan cepat mendeteksi katarak pada bayi yang pertama adalah dengan memperhatikan secara teliti bagian mata si kecil. Jika terdapat tanda putih atau bintik putih pada matanya, bisa jadi si kecil menderita katarak. Moms wajb segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa ditangani dengan cepat. 
 

source: http://www.ehow.co.uk



 

2. Beri Mainan dengan Warna yang Mencolok

Saat si kecil sedang bermain, berikanlah ia mainan dengan warna-warna mencolok seperti merah, kuning, dan hijau. Bayi normal akan merespon dan tertarik dengan mainan berwarna mencolok. Sedang bayi dengan katarak ia tidak akan merespon dan terihat biasa-biasa saja. 
 

source: https://AliExpress.com



 

baca juga

3. Gerak-gerakkan Mainan Tepat di Depan Pandangannya

Biasanya bayi dengan mata normal akan cepat merespon dan mengikuti gerakan pada mainan yang ada di depan pandangannya. Sedangka bayi dengan mata katarak ia akan cuek karena matanya tidak bisa menangkan warna dan bentu secara jelas (buram). 
 

source: https://smythstoys.com



 

4. Ajak Bayi Berbicara

Perhatikan secara detail dan ajak si kecil berbicara atau bercanda. Bayi dengan katarak tidak bisa melihat dengan jelas wajah atau gerakan bibir saat kita berbicara. Lihat lebih jelas apakah dia merespo atau memperhatikan wajah dan gerakan kita. 
 

source: http://neurosciencenews.com