Pilihan makanan moms sebelum dan setelah masa kehamilan berkontribusi pada kesehatan anak-anak Anda. Penting memiliki asupan vitamin,mineral dan mengalami kenaikan berat badan tepat. Untuk menjaga tubuh tetap bugar aktivitas rutin fisik perlu dilakukan secara rutin. Selain itu, moms juga wajib menghindari zat-zat berbahaya. Fisik yang sehat sebelum hamil dan saat hamil bekal utama Anda untuk memiliki anak yang sehat di masa depan. Dan tentunya terhindar dari obesitas.

Cara menghindari obesitas pada anak juga ditekankan pada saat Anda hamil. Mengalami kenaikan berat badan ekstrim memiliki resiko tinggi melahirkan bayi besar dan anak Anda memliki peluang obesitas di masa depan. Berikut beberapa cara untuk mengcegah obesitas pada anak sejak masa kehamilan:

Pola Makan Baik Saat Hamil

Sebagai calon ibu moms membutuhkan makanan yang beragam. Hal ini perlukan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Moms pun harus mampu mengidentifikasi mana makanan yang sekedar mom inginkan dan benar-benar dibutuhkan. Bukan rahasia lagi saat hamil Anda lebih sering mengidam makanan-makanan yang sebeneranya tidak ada nutrisinya. Makanan instan, kerap menggoda moms, dan karena alasan ngidam sering moms mengkonsumsinya dalam jumlah besar. Godaan ini perlu moms kendalikan. Karena tak hanya enak di lidah, nutrisi lebih dibutuhkan untuk moms dan si bayi saat hamil. Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, seperti  sayuran, buah, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.

Pola Makan Baik Saat Hamil
baca juga

Kenaikan Berat Badan Sehat Saat Hamil

Meski saat hamil bukanlah waktu yang tepat untuk kehilangan berat badan. Namun bukan berarti moms bisa menggunakan alasan hamil untuk makan-makanan apa saja. Pastikan moms mengalami kenaikan berat badan sesuai dengan indeks masa tubuh sebelum hamil. Konsumsi jumlah makanan yang diperlukan. Hal ini tak hanya baik untuk moms tapi juga janin di dalam perut. Kenaikan berat badan ideal saat hamil mengurangi resiko masalah kehamilan dan saat persalinan. Jika diperlukan moms mintalah bantuan kepada ahli gizi untuk memberikan daftar nutrisi dengan jumlah kalori yang tepat.

Kenaikan Berat Badan Sehat Saat Hamil

Konsumsi ASI yang Utama

Setelah program sehat ketika di perut Anda, moms bisa lanjutkan setelah bayi lahir. Jadikan ASI sebagai makanan utama anak. Rasanya yang tidak semanis, gula ASI tentu lebih sehat. Selain itu memberikan ASI pada bayi akan membentuk pola makan lebih sehat sehingga menurunkan resiko obesitas. Hal ini dibuktikan melalui studi yang dilakukan di Amerika Serikat. Mereka para remaja berusia 14 tahun memilik berat badan 5,9 lebih rendah dari pada mereka yang mengkonsumsi susu formula.

Konsumsi ASI yang Utama
baca juga

Kenalkan MPASI Tepat Waktu

Moms, kenalkan makanan pendamping ASI setelah 6 bulan. Mengenalkan makanan pendamping terlalu dini dapat menyebabkan obesitas. Pada masa ini Anda juga memiliki kesempatan untuk mengenalkan makanan sehat. Mulai dari sayuran, dan buah-buahan bergizi baik dikenalkan di bawah 2 tahun. Berdasarkan keterangan para ahli, untuk membiasakan anak menyukai satu makanan diperlukan untuk mengulang sebanyak 5-10 kali.

Kenalkan MPASI Tepat Waktu

Aktif dan Berolahraga Rutin

Memliki kegiatan olahraga rutin bisa dibiasakan sejak dini lho moms. Anda bisa mengenalkan si kecil jika sudah waktunya olahraga bersama keluarga seminggu sekali. Sebelumnya moms juga bisa buat anak bergerak aktif. Moms bisa mengenalkan permainan yang membuat anak banyak bergerak. Bukan hanya mendorong kecerdasan otaknya, tapi juga kebugaran tubuh si kecil.

Aktif dan Berolahraga Rutin