Jagung muda yang biasa dijadikan sebagai bahan masakan seperti tumis atau sup memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, kalori, juga karbohidrat. Kandungan nutrisi jagung muda tersebut menambah kesehatan tubuh Moms sehingga jagung muda bisa Moms konsumsi sebagai makanan penambah nutrisi. Nah, Moms mari kita simak lebih jauh apa saja manfaat dari jagung muda:

Manfaat Jagung Muda untuk Kesehatan

  • Sumber energi tubuh, Jagung muda dapat menjadi sumber energi karena rendah lemak jenuh namun tinggi akan kandungan proteinnya yang memiliki fungsi untuk memperbarui sel-sel di dalam tubuh yang sudah mengalami kerusakan dan juga protein sebagai sumber energi tubuh untuk Moms.
  • Mencegah diabetes, kadar gula pada jagung muda belum diproduksi dalam jumlah banyak dan rendahnya karbohidrat di dalam jagung muda ditambah dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat mencegah penyakit diabetes.
  • Mencegah darah tinggi, mengkonsumsi jagung muda juga mencegah tekanan darah tinggi yang mungkin menyerang kesehatan Moms. Hal ini karena kadar potassium di dalam jagung muda yang mencapai 17 mg. Potassium merupakan sebuah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, berguna untuk mengatur peredaran darah dan melancarkannya sehingga Moms akan tercegah dari tekanan darah tinggi.
  • Sembuhkan Infeksi, tubuh Moms membutuhkan kandungan vitamin C dan vitamin A, yang terdapat pada  jagung muda. Pada satu buah jagung muda, terdapat 23% vitamin C dan 3% vitamin A. Kedua vitamin ini berfungsi untuk mencegah bahkan menyembuhkan infeksi yang mungkin terjadi di dalam tubuh Moms.
Ragam Manfaat Jagung Muda, Baik untuk Program Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Jagung Muda untuk Diet
Jika Moms sedang menjalankan program diet, jagung muda dapat Moms konsumsi dan jadi makanan pendukung untuk menurunkan berat badan. Jagung muda sangat rendah kandungan lemaknya, tetapi kaya akan asam folic dan potassium. Serta, jagung muda juga memiliki indeks glycemic yang menjadikan jagung muda sebagai bahan makanan yang sangat cocok untuk membantu Moms dalam melancarkan program diet. 

Manfaat Jagung Muda untuk Ibu Hamil
Moms dapat menjadikan jagung muda sebagai makanan pendukung pertumbuhan janin. Jagung muda bermanfaat untuk ibu hamil untuk mendukung perkembangan otot, tulang, dan gigi pada janin. Hal ini karena jagung muda mengandung beberapa mineral seperti tembaga, zat besi, fosfor yang akan mendukung perkembangan tulang pada janin, mencegah anemia, mencegah cacat tabung saraf, dan memelihara ginjal.

Konsumsi jagung muda juga dapat menjaga fungsi otak janin karena akan membantu perkembangan sel-sel otak dan fungsi kognitif bayi sejak dalam kandungan. Selain itu, jagung muda juga mencegah sembelit yang mungkin terjadi pada ibu hamil. Meningkatnya produksi hormon progesteron biasanya terjadi pada ibu hamil yang bisa mengakibatkan sembelit. Oleh karena itu, Moms bisa mengkonsumsi jagung muda yang kaya serat sehingga akan membuat usus Moms bekerja lebih baik dan mengurangi sembelit.