Bolehkah luluran saat hamil?
Luluran adalah sebuah metode kecantikan yang dilakukan dengan mengaplikasikan bahan tertentu yang umumnya bersifat alami dan dicampur dengan wewangian. Untuk kemudian didiamkan untuk beberapa saat agar khasiat dari bahan tersebut dapat meresap kedalam tubuh dan bekerja dalam meremajakan kulit. 

Hingga sampai saat ini, belum ada larangan medis yang menyatakan ibu hamil tidak boleh melakukan kegiatan yang satu ini. Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan adalah bahan atau produk yang digunakan sewaktu luluran. Ibu hamil perlu memastikan bahwa produk yang digunakan adalah produk yang aman dan bebas dari bahan kimia.

Amankah Luluran Pada Saat Hamil? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://marunspa.com/tag/spa-ibu-hamil-di-bogor/

Moms dapat menggunakan lulur dari garam atau gula selama periode kehamilan, karena bahan tersebut tidak berisiko apa pun bagi bayi di dalam kandungan. Kulit Bumil tidak menyerap garam dan gula secara signifikan, itulah sebabnya mengapa cukup aman untuk menggunakan lulur dari garam dan gula selama masa kehamilan.

Namun, jika kulit Moms sensitif, hindari lulur berbasis garam karena memiliki cenderung merusak pembuluh darah yang berukuran kecil.

Manfaat luluran bagi ibu hamil
Luluran dipercaya dapat mengangkat sel-sel mati yang ada di lapisan kulit Moms. Sel-sel kulit mati inilah yang  membuat kulit tampak gelap, kusam dan tidak bercahaya.

Dengan teksturnya yang cukup kasar, lulur atau scrub dapat menghilangkan lapisan sel-sel mati dan merangsang regenerasi kulit, sehingga membuat kulit Moms lebih cerah dan halus.

Amankah Luluran Pada Saat Hamil? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/lifestyle.okezone.com/amp/2017/03/06/194/1635135/bolehkah-luluran-saat-hamil

Menggunakan lulur beberapa kali dalam seminggu juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap pada kulit, dan melancarkan sirkulasi darah. Rutin luluran memungkinkan nutrisi dari skincare yang Moms gunakan lebih menyerap ke dalam kulit. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan percaya diri bagi ibu hamil yang cenderung mengalami masalah kulit kusam.

baca juga

Tips aman luluran bagi ibu hamil
Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para ibu hamil yang hendak melakukan luluran. Beberapa diantaranya adalah:

Intensitas gerakan
Saat menggosok tubuh, sangat penting untuk memperhatikan intensitas gerakan. Saat luluran, gosoklah tubuh dan wajah dengan gerakan perlahan. Jangan pernah menggosok permukaan kulit dengan gerakan cepat dan keras karena malah bisa menimbulkan luka goresan.

Prioritaskan bahan lulur alami 
Untuk ibu hamil memang lebih disarankan untuk menggunakan lulur rumahan yang terbuat dari bahan-bahan alami dibandingkan membeli body scrub di pasaran. Seperti garam, gula, dan biji jojoba.

Amankah Luluran Pada Saat Hamil? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/adevnatural.com/4-cara-5-tips-memutihkan-kulit-secara-alami/amp/

Pantangan
Perlu diingat bahwa tidak semua bahan alami bisa digunakan sebagai bahan luluran untuk ibu hamil. Hindari menggunakan lulur yang mengandung kandungan bahan alami seperti, chamomile, jahe, melati, peppermint, rosemary, mawar, dan kemiri. Mengapa? Karena bahan-bahan alami ini dapat menstimulasi peredaran darah menstruasi. Selain itu hindari juga penggunaan lulur dan lotion lidah buaya, dan produk-produk yang dapat menimbulkan risiko cacat pada bayi.

Hindari minyak alami 
Ibu hamil yang hendak melakoni ritual luluran, perlu mengingat bahwa lulur atau body scrub dengan kandungan minyak alami atau minyak esensial aniseed, almond, basil, lada hitam, lemongrass, pinus, adas manis, minyak camphor, lemon, cengkeh, dan adas adalah sederet bahan yang wajib dihindari dan menjadi pantangan karena selain dapat membuat kulit yang sensitif menjadi iritasi. Disebutkan juga malah bisa menjadi racun bagi kulit wanita yang sedang mengandung.

Konsultasi 
Disarankan sebelum melakukan luluran, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli kandungan. Di mana kepada dokter ahli nanti bisa ditanyakan soal bahan apa yang cocok untuk digunakan, dan seberapa sering ritual luluran ini aman untuk dilakukan.

Nah Moms, berikut tadi seputar luluran yang aman bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat ya!