Kandungan nutrisi daun singkong
Daun singkong mengandung berbagai macam protein atau asam amino esensial yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga atau energi. Sebab asam amino esensial ini akan membantu mengubah karbohidrat menjadi energi untuk beraktivitas.

Selain itu, daun singkong juga mengandung banyak protein, khususnya sumber protein nabati. Protein nabati yang di dalamnya tinggi vitamin B ini juga dibutuhkan tubuh untuk proses pembentukan dan perbaikan sel.

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Intip Juga Resep Gulai yang Menggoyang Lidah!
source: https://m.kumparan.com/babyologist/ragam-manfaat-daun-singkong-untuk-ibu-hamil-27431110790542641

Daun singkong pun menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, terutama dalam manfaat mencegah zat-zat radikal bebas berkembang. Seperti diketahui, radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit berbahaya, kanker salah satunya. Kandungan serat dalam daun singkong juga sangat baik bagi proses pencernaan, terutama bagi kesehatan usus besar.

Manfaat daun singkong untuk kesehatan

1. Sumber tenaga
Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong adalah sumber tenaga atau energi yang bermanfaat untuk manusia. Zat asam amino esensial ini membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas.

2. Metabolisme tubuh
Daun singkong mengandung banyak protein dan kaya akan sumber protein nabati. Protein nabati yang di dalamnya banyak mengandung vitamin B ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh akan membentuk enzim-enzim yang membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia.

3. Sumber antioksidan
Daun singkong menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik dalam mencegah serta membuang zat-zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Intip Juga Resep Gulai yang Menggoyang Lidah!
source: https://www.otoritasnews.co.id/10-manfaat-daun-singkong-untuk-kesehatan-tubuh/

4. Diet
Manfaat daun singkong yang satu ini, pasti disetujui oleh banyak wanita. Daun Singkong sangat baik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet. Selain dari kalorinya yang rendah, kandungan serat dan protein yang tinggi sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari.

5. Regenerasi sel tubuh
Asam amino esensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan perbaikan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

6. Pencernaan
Moms pasti sudah mengetahui bahwa serat sayuran sangat baik untuk proses pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia. Daun singkong mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh manusia. Jika Moms mengonsumsi daun singkong, pencernaan dalam tubuh menjadi semakin baik.

baca juga

Manfaat daun singkong bagi ibu hamil
Daun singkong memang baik untuk kesehatan, termasuk juga bagi ibu yang sedang hamil. Bagi ibu hamil mengkonsumsi daun singkong ini akan memberikan manfaat yang akan dirasakan oleh ibu hamil itu sendiri :

1. Membantu proses pembentukan sistem antibodi
Antibodi alias sistem kekebalan tubuh diperlukan oleh tubuh untuk mencegah timbulnya penyakit, serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Nah, konsumsi daun singkong juga mengandung protein untuk pembentukan antibodi pada ibu hamil

2. Melancarkan sistem pencernaan
Seperti disebutkan sebelumnya, daun singkong memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kandungan serat ini juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindari dari gangguan pencernaan, termasuk sembelit atau bahkan diare.

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Intip Juga Resep Gulai yang Menggoyang Lidah!
source: https://nurseberkarya.blogspot.com/2019/01/manfaat-daun-singkong-ibu-hamil.html?m=1

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Daun singkong juga memiliki fosfor dan kalsium, yang keduanya diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ibu hamil biasanya lebih rentan mengalami masalah pada tulang dan gigi karena kekurangan asupan kalsium.

4. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral janin
Sayuran berdaun hijau ini kaya akan kandungan asam folat dan kalsium, selain itu juga tinggi kandungan mikronutrien seperti mangan, potassium, serat, zat besi dan vitamin untuk tumbuh kembang janin.

Resep gulai daun singkong dengan taburan teri medan

Bahan- bahan:

  • 1 ikat Daun singkong
  • 1 liter Air, untuk merebus daun singkong
  • 1 sdt Garam, untuk merebus daun singkong
  • 3 cm Lengkuas, memarkan
  • 1 batang Serai, memarkan 
  • 2 lembar Daun salam
  • 8 buah Cabe rawit utuh 
  • 3 sdm Teri medan, goreng 
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1 liter Santan, dari 1/2 butir kelapa
  • 2 sdm Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 8 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 4 buah Cabai merah keriting
  • 3 buah Cabe rawit
  • 3 butir Kemiri, sangrai
  • 5 cm Kunyit, bakar 
Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Intip Juga Resep Gulai yang Menggoyang Lidah!
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.saribundo.biz/6-tips-memasak-gulai-daun-singkong-yang-lezat.html/amp

Cara membuat:

  1. Didihkan air lalu beri 1 sdt garam. Rebus daun singkong sampai matang. Angkat dan tiriskan. Peras airnya lalu iris kasar. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, cabe rawit utuh, lengkuas, serai, dan daun salam hingga harum dan matang.
  3. Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
  4. Masukkan daun singkong. Biarkan mendidih lagi sambil sesekali diaduk. Angkat.
  5. Siap disajikan.

Bagaimana Moms? Ingin mencoba daun singkong sebagai menu Moms hari ini?