Ambeien

Ambeien bisa jadi salah satu keluhan yang sering muncul saat Moms hamil. Ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah di area sekitar anus mengalami pembengkakan. Perubahan hormonal dan perkembangan rahim saat kehamilan akan memengaruhi tekanan pembuluh vena, termasuk di sekitar panggul dan juga di saluran pencernaan ibu hamil. Hal inilah yang membuat ibu hamil mengalami ambeien. Penyakit kehamilan ini muncul dengan gejala berupa rasa tidak nyaman di sekitar dubur, bahkan menyakitkan hingga keluar darah saat buang air besar.

Waspadai 7 Penyakit Berisiko Tinggi yang Bisa Menyerang Ibu Hamil

Plasenta previa

Plasenta previa yaitu kondisi ketika ari-ari berada di bagian bawah rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Plasenta previa ini bisa mengakibatkan perdarahan yang berlebihan, bahayanya jika perdarahan tidak berhenti maka janin harus segera dilahirkan melalui operasi caesar.
 
Rubella

Rubella umumnya nampak seperti cacar, namun bagi ibu hamil penyakit ini dapat memiliki konsekuensi serius . Rubella dapat menyebabkan kematian janin atau bayi terlahir dengan cacat bawaan, yang lebih dikenal sebagai Congenital Rubella Syndrome(CRS). Virus rubella sanggat mudah ditularkan lewat udara, sebab itu penting bagi ibu hamil untuk divaksinasi terhadap campak Jerman ini.

Toksoplasma

Menurut Jason James MD, pakar ginekologi dari Miami, situasi kehamilan memang membuat ibu hamil mudah mengidap penyakit. Salah satunya penyakit toksoplasma yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii. Tanda-tanda kalau ibu hamil yang sudah terserang toksoplasma adalah kepala sakit, pembengkakan getah bening dan kejang-kejang.

Waspadai 7 Penyakit Berisiko Tinggi yang Bisa Menyerang Ibu Hamil

Preeklampsia

Preeklamsia adalah penyakit dengan tanda-tanda seperti tekanan darah tinggi, selain itu berat badan naik secara drastis. Biasanya ibu hamil rentan terkena penyakit ini diusia kehamilan di minggu ke 20 atau lebih. Penyakit ini menyebabkan kurangnya aliran darah ke plasenta sehingga janin kekurangan nutrisi. Agar preeklamsia dapat terdeteksi dini, lakukanlah konsultasi secara rutin dengan dokter kandungan ya, Moms. 

Diabetes Gestasional

Diabetes gestational disebabkan tingkat glukosa darah meningkat dan diiringi gejala diabetes lain yang mulai muncul selama kehamilan. Diabetes gestation selama kehamilan adalah efek memblokir hormon lain pada insulin yang dihasilkan dalam tubuh bukan karena kekurangan insulin.

Hepatitis

Penyakit hepatitis adalah peradangan pada hati ini disebabkan infeksi virus hepatitis A, B, atau C. Dalam penyembuhannya selain si ibu harus mendapatkan pengobatan untuk mengatasi penyakitnya, bayi yang baru lahir juga harus diperiksa. Bila bayi terinfeksi dari ibunya, maka akan dilakukan tindakan. Sedangkan bila belum maka bayi akan segera divaksinasi.

Nah, Moms itulah tadi beberapa penyakit yang bisa dialami saat sedang hamil. Karena saat hamil tubuh mengalami banyak perubahan maka penting untuk selalu menjaga kesehatan ya Moms agar terhindar dari penyakit apapun.