1. Meningitis

Enggak hanya orang dewasa saja yang bisa terkena penyakit berbahaya seperti meningitis, melainkan bayi juga. Meningitis atau radang selaput otak akan lebih berbahaya jika menyerang bayi. Biasanya semakin muda usia seseorang, maka risiko infeksi yang menyebar pada saraf pusat otak semakin tinggi. 

Nah, untuk mengetahui apakah bayimu terkena penyakit ini maka perhatikan gejala yang ditimbulkan, Moms! Adapun gejalanya seperti demam, kejang dan penurunan kesadaran. Selain itu, bayi juga menjadi rewel luar biasa, napas berat, tidak mau makan, selalu mengantuk dan di kulit seperti ada bercak atau noda. Karena penyakit ini sangat berbahaya, maka jangan anggap sepele apabila bayi menunjukkan gejala seperti di atas. 
 

source: http://www.dailymail.co.uk



 

baca juga

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Karena sering terjadi, maka DBD kadang dianggapa sepele. Padahal penyakit ini sangat berbahaya, terutama jika dialami bayi dan anak-anak lho, Moms. Tidak sedikit bayi dan anak-anak yang meninggal akibat terlambat ditangani. 

Beberapa warning signs DBD yang wajib kamu waspadai di antaranya, demam turun namun kondisi bayi atau anak malah semakin memburuk, lemas, tangan dan kaki terasa dingin. Ini tandanya bayi sedang dalam keadaan syok sehingga harus segera ditangani. 

Nah, apabila kamu mencurigai si kecil mengalami penyakit ini, maka jangan mengobatinya sendiri di rumah, melainkan bawalah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 
 

source: https://www.babycentre.co.uk



 

3. Pneumonia (Paru-paru Basah)

Karena gejalanya hampir mirip dengan pilek, maka banyak orangtua yang enggak sadar kalau bayi atau anaknya mengalami pneumonia atau paru-paru basah. Padahal, pneumonia ini merupakan penyakit berbahaya yang merenggut nyawa anak-anak.

Pneumonia menyebabkan kematian karena menyebabkan infeksi yang mengganggu pernapasan, sehingga paru-paru tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik dalam menghirup oksigen. 

Bayi termasuk yang rentan terkena pneumonia, karena tertular dari ibu saat proses persalinan dan terpapar virus dan bakteri dari orang lain. Untuk mencegah terjadinya pneumonia maka berikan ASI ekslusif kepada bayi, makanan bergizi, imunisasi DPT serta jaga lingkungan tetap bersih. 
 

source: https://pregnant.sg



 

baca juga

4. Campak

Beberapa penyakit berbahaya sudah dibuatkan vaksin untuk mencegah penyakit tersebut menyerang bayi dan anak-anak. Salah satu di antaranya adalah campak. Campak merupakan penyakit yang sering mengenai bayi. Bahkan lebih dari 30 juta bayi dan anak-anak terkena penyakit ini.

Mungkin banyak bayi yang selamat dari penyakit ini, namun ada juga beberapa yang mengalami kerusakan pada otak dan buta. Fakta mengejutkan kalau ternyata ada saja orang yang meninggal akibat campak setiap hari. Hmm.. jangan sampai si kecil mengalaminya ya, Moms!
 

source: https://www.sciencenewsforstudents.org